: WIB    —   
indikator  I  

Miliarder Amerika dari tayangan olahraga gulat (1)

Miliarder Amerika dari tayangan olahraga gulat (1)

KONTAN.CO.ID - Memiliki bakat turunan dari sang kakek dan ayah sebagai seorang atlet gulat membawa keberuntungan bagi Vincent Kennedy McMahon. Pria yang biasa dipanggil Vince ini merupakan pemilik World Wrestling Entertainment (WWE). WWE adalah perusahaan hiburan gulat bergengsi. Lewat pertunjukan hiburan gulat yang disajikan WWF membuat McMahon masuk daftar miliarder dunia versi Forbes di urutan 1.567 dengan nilai kekayaan mencapai US$ 1,37 miliar.

Jika ditanya tentang olahraga gulat, sebagian besar orang akan langsung teringat dengan World Wrestling Entertainment (WWE). WWE merupakan perusahaan hiburan gulat bergengsi yang dikelola Vincent Kennedy McMahon atau lebih akrab disapa Vince.

Vince saat ini merupakan pemilik sekaligus chairman perusahaan tersebut bersama dengan istrinya Linda McMahon yang memegang jabatan sebagai chief executive officer (CEO). Perusahaan gulat kelas dunia ini telah memunculkan nama-nama pegulat tenar kelas dunia antara lain The Rock, Brock Lesnar, John Cena dan masih banyak lagi.

Kendati telah meniti karier sejak tahun 1970-an, Vince baru berhasil masuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia versi Forbes pada tahun 2014 dengan total kekayaan mencapai US$ 1,6 miliar.

Kini, pengusaha sekaligus mantan pegulat ini tercatat memiliki total valuasi kekayaan menembus US$ 1,37 miliar dan duduk pada posisi orang nomor 1.567 terkaya di dunia dan 484 orang terkaya di Amerika Serikat (AS) versi Forbes.

Kekayaan Vince terus menanjak, setelah perusahaan ini mampu menambah jumlah pelanggan hingga 49% di situs resminya atau yang berlangganan pada platform seperti Netflix, Amazon, Hulu dan MLB.TV. Asal tahu saja, untuk menonton pertandingan gulat garapan WWE, pelanggan harus membayar sekitar US$ 9,99 per bulan setara Rp 135.000 (US$ 1 setara Rp 13.529).

Dus, kini hanya dari penonton yang menyaksikan gulat di situsnya, WWE mendapat pemasukan US$ 12,87 juta per bulan dari 1,22 juta pelanggan. Di 2014, harta Vince sempat merosot lantaran para pelanggan setia kecewa dengan keputusan harga dan kualitas pegulat WWE.

Alhasil, saham WWE sempat anjlok hingga 26% pada April 2014 lalu. Bahkan, total nilai kekayaan McMahon sempat turun dari US$ 1,6 miliar menjadi sekitar US$ 750 juta. Total kerugian yang diderita pasca-anjloknya harga saham itu mencapai US$ 350 juta. Kegagalan itu sempat menendang posisinya sebagai jajaran orang terkaya versi Forbes.


Reporter Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang
Editor Tri Adi

VINCENT KENNEDY MCMAHON

Feedback   ↑ x
Close [X]