: WIB    --   
indikator  I  

Poin-poin penting pidato Trump di depan Kongres

Poin-poin penting pidato Trump di depan Kongres

UNTUK pertama kalinya Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan pidatonya di hadapan kongres, Selasa malam waktu setempat. Dalam pidatonya, Trump tampaknya ingin memperbaiki kekacauan di awal pemerintahannya dengan membuka pintu untuk perbaikan kebijakan imigrasi dan bersumpah mengejar keringanan pajak untuk kelas menengah.

Berikut beberapa poin pidato yang disampaikan Trump sebagaimana dikutip dari Reuters:

Imigrasi

Trump berjanji segera mengeluarkan kebijakan untuk mencegah pihak-pihak yang akan membahayakan AS dan pemerintahnya telah bekerja untuk meningkatkan prosedur pemeriksaan. Sejak serangan 11 September 2001, sebagian orang yang datang ke AS dihukum karena pelanggaran berkaitan dengan terorisme. “Negara bersumpah tidak menjadi perlindungan bagi ekstremis,” ujarnya.

Trump menuturkan AS harus beralih dari kebijakan imigrasi yang rendah terampil ke sistem berdasarkan jasa. Menurutnya, Partai Republik dan Demokrat bisa bekerja sama untuk mencapai reformasi imigrasi fokus pada peningkatan pekerjaan dan upah serta memperkuat keamanan negara.

Trump pun menegaskan pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko akan segera dimulai. Tetapi dirinya tidak menyinggung perihal anggaran.

Reformasi kesehatan

Trump meminta Kongres untuk mencabut dan mengganti Obamacare. Dia mengatakan reformasi harus menurunkan biaya kesehatan dan memastikan orang-orang dengan kondisi yang sudah ada memiliki akses ke cakupan.

Ia mengusulkan kredit pajak dan memperluas tabungan kesehatan menyumbang orang untuk membeli asuransi kesehatan. “Reformasi hukum juga harus melindungi pasien dan dokter dari biaya yang tidak perlu yang menaikkan harga asuransi, katanya.

Pajak

Trump bersumpah untuk mengurangi tarif pajak perusahaan sehingga membuat perusahaan AS lebih kompetitif secara global dan berjanji "besar-besaran" keringanan pajak untuk kelas menengah. Tapi, dia tidak memberikan rincian baru pada reformasi pajak.

Infrastruktur

Trump mengatakan akan diminta persetujuan Kongres untuk alokasi investasi US$ 1 triliun pada sektor infrastruktur, dibiayai melalui kedua saluran publik dan swasta. "Buy American" dan "Hire American" akan menjadi panduannya,” katanya.

Pertahanan dan kebijakan luar negeri

Trump berjanji untuk menyampaikan persetujuan ke Kongres atas usulan pelipatgandaan anggaran pertahanan. Dia bersumpah untuk bekerja dengan sekutu AS, termasuk di dunia Islam, untuk menghancurkan Negara Islam (ISI).

Dia bersumpah dukungan untuk NATO tetapi mengatakan mitra AS harus memenuhi kewajiban keuangan mereka. Ia juga menegaskan kembali aliansinya dengan Israel.


Reporter Yudho Winarto
Editor Yudho Winarto

DONALD TRUMP

Feedback   ↑ x
Close [X]