: WIB    —   
indikator  I  

Putin: Lebih cerdik dan dewasa, Kim Jong Un memenangkan ronde ini melawan Barat

Putin: Lebih cerdik dan dewasa, Kim Jong Un memenangkan ronde ini melawan Barat

KONTAN.CO.ID - MOSCOW. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Kamis (11/1) bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sekarang ini sudah lebih "cerdik dan dewasa", sehingga telah memenangkan perseteruan terakhir dengan Barat mengenai program nuklir dan misilnya.

"Saya pikir Tuan Kim Jong Un telah memenangkan putaran ini dengan jelas. Dia telah menyelesaikan tugas strategisnya: dia memiliki senjata nuklir, dia memiliki rudal jangkauan global, sampai 13.000 km, yang bisa mencapai hampir semua titik di dunia," kata Putin kepada wartawan Rusia.

Rusia telah memberikan suara kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memberikan sanksi internasional terhadap Korea Utara mengenai program nuklirnya. Di sisi lain, Rusia juga  mendesak Barat untuk menahan diri dan mendorong dilakukannya perundingan dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Putin menegaskan bahwa dialog dengan Korea Utara dijamin, dan mengatakan Kim sekarang ingin membuat situasi lebih kondusif.

"Dia sudah menjadi politisi yang cerdik dan matang," kata Putin.

Korea Utara dan Korea Selatan mengadakan pembicaraan pada hari Selasa setelah masa ketegangan yang berkepanjangan di semenanjung Korea mengenai program rudal dan nuklir Korea Utara.

 


SUMBER : Reuters
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

KONFLIK AS-KORUT

Feedback   ↑ x