kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rusia Genjot Produksi Senjata Saat Amerika Getol Menyuplai Senjata ke Ukraina


Kamis, 02 Mei 2024 / 10:34 WIB
Rusia Genjot Produksi Senjata Saat Amerika Getol Menyuplai Senjata ke Ukraina
ILUSTRASI. Sistem rudal S-350 Vityaz


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - MOSKOW, 1 Mei (Reuters) - Menteri Pertahanan Rusia pada Rabu memerintahkan peningkatan produksi senjata dan mempercepat pengiriman untuk memperkuat logistik perang melawan Ukraina. 

Keputusan Rusia ini seminggu setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden menandatangani perjanjian militer membantu pendanaan perang bagi Ukraina dengan nilai puluhan miliar dolar AS.  

Presiden Biden pada tanggal 24 April menandatangani rancangan undang-undang yang memberikan bantuan tambahan sebesar US$ 61 miliar bagi Ukraina. Dana ini termasuk bantuan senjata artileri, sistem roket, amunisi anti-tank, dan amunisi.

Baca Juga: Amerika Serikat Mempersiapkan Paket Senjata Baru untuk Bantu Ukraina Lawan Rusia

Invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina sejak Februari tahun 2022 memicu kerusakan terburuk dalam hubungan antara Rusia dan Barat, sejak Krisis Rudal Kuba tahun 1962.

Tentara Rusia secara bertahap terus maju ke titik-titik penting di Ukraina di sepanjang garis depan sepanjang 1.000 km (620 mil). 

Rusia saat ini sudah menguasai sekitar 18% wilayah Ukraina dan telah memperoleh kekuatan sejak kegagalan serangan balasan Kyiv pada tahun 2023 untuk melakukan serangan serius terhadap pasukan Rusia yang bersembunyi di balik ladang ranjau yang dalam.

Baca Juga: AS: Rusia Melanggar Larangan Senjata Kimia Global di Perang Ukraina

Rusia menegaskan bahwa bantuan senjata dari AS ke Ukraina tidak akan menghalangi kemenangan Moskow. Namun beberapa pejabat Rusia khawatir bantuan senjata dari AS ke Ukraina akan meningkatkan intensitas konflik.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu memerintahkan agar volume, kualitas dan kecepatan produksi senjata perlu ditingkatkan.

"Untuk mempertahankan kecepatan serangan yang diperlukan..., perlu untuk meningkatkan volume dan kualitas senjata dan peralatan militer yang dipasok kepada pasukan, terutama senjata," kata Shoigu.

Pada video yang diunggah Kemhan Rusia, Shoigu yang terlihat memeriksa drone dan senjata lainnya dan memberikan pemikirannya sendiri mengenai perbaikan, mengatakan perusahaan industri telah diperintahkan untuk mengurangi waktu produksi sementara unit perbaikan di depan, di timur dan selatan Ukraina, dan di belakang telah diperintahkan untuk meningkatkan diri. efisiensi mereka.

Kemampuan Rusia merekrut ratusan ribu tentara kontrak dengan gaji yang relatif tinggi dan meningkatkan produksi senjata telah mengejutkan Amerika Serikat dan sekutunya dalam aliansi militer NATO.

Baca Juga: Putin: Ngomong-Ngomong, Rusia Tak Pernah Tolak Pembicaraan Damai dengan Ukraina

Angkatan Darat Rusia kini 15% lebih besar dibandingkan sebelum invasi, komando tersebut telah beradaptasi dengan cepat terhadap tantangan inovatif di medan perang dan Rusia akan memproduksi lebih banyak artileri tahun ini dibandingkan gabungan seluruh 32 anggota NATO, Jenderal Christopher Cavoli, Kepala Komando AS di Eropa , kata bulan lalu.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan pada hari Senin (29/4) bahwa senjata-senjata penting Amerika mulai tiba di Ukraina dalam jumlah kecil, namun pengirimannya harus lebih cepat karena pasukan invasi Rusia mencoba mengambil keuntungan atas minimnya logistik perang Ukraina.

AS DAN RUSIA

Direktur Badan Intelijen Pusat AS William Burns bulan lalu memperingatkan bahwa tanpa lebih banyak dukungan militer AS, Ukraina bisa kalah di medan perang, namun dengan dukungan tersebut pasukan Kyiv bisa bertahan tahun ini.

Baca Juga: Peringatan AS ke Sekutu: Rusia Bisa Tempatkan Senjata Nuklir ke Orbit Tahun Ini

Namun, apakah Ukraina dapat merebut kembali wilayah yang telah direbut Rusia atau tidak, masih belum jelas.

Ukraina menghadapi pasukan yang bergerak maju di barat laut kota Avdiivka, yang jatuh ke tangan Rusia pada bulan Februari, dan di sekitar kota Chasiv Yar, yang menurut komandan utama Kyiv ingin direbut Moskow pada tanggal 9 Mei, hari peringatan kemenangan Rusia dalam Perang Dunia Kedua.

Rusia sedang bergulat dengan serangan pesawat tak berawak Ukraina terhadap industri penyulingan minyaknya jauh di dalam wilayah Rusia dan serangan rudal yang menggunakan persenjataan AS di Krimea, yang dianeksasi Rusia dari Ukraina pada tahun 2014 dan sekarang dianggap sebagai bagian dari Rusia.

Para pejabat Rusia mengatakan Ukraina telah menyerang Krimea dengan Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS) yang diproduksi AS selama beberapa hari terakhir dalam upaya untuk menembus pertahanan udara Rusia, sebelum menargetkan instalasi militer Rusia di sana.

Selanjutnya: Jadwal Sholat dan Adzan Magrib Gresik Hari Ini, Kamis (2/5) 2024 dari Kemenag

Menarik Dibaca: Hati-Hati, Kondisi Keuangan Makin Tercekik Lantaran Beberapa Hal Ini




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×