kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sukses membesarkan bisnis manufaktur warisan sang ayah (1)


Selasa, 23 Januari 2018 / 16:06 WIB
Sukses membesarkan bisnis manufaktur warisan sang ayah (1)
ILUSTRASI. FENOMENA - Baba Kalyani


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Melanjutkan bisnis yang dibangun oleh sang ayah bukan berarti Baba Kalyani hanya ongkang-ongkang kaki. Kerja keras Kalyani membuat Bharat Kalyani, perusahaan yang didirikan oleh Nikanthrao Kalyani tahun 1961, berkembang pesat menjadi perusahaan manufaktur global ternama. Tahun 2015, perusahaan yang berbasis di India itu menyabet gelar sebagai perusahaan terbaik di Asia. Nama Kalyani pun masuk dalam daftar miliarder dunia.

Seorang pakar bidang teknik lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika Serikat, Baba Kalyani, sukses masuk daftar orang kaya dunia. Mengutip Forbes, Senin (22/1),  Baba Kalyani memiliki total kekayaan mencapai US$ 3,5 miliar. Mayoritas kekayaannya berasal dari investasi di perusahaan milik keluarganya bernama Bharat Forge di India.

Perusahaan yang membesarkan nama Kalyani tersebut didirikan oleh sang ayah, Nikanthrao Kalyani, pada tahun 1961. Sebagian besar anggota keluarga besar Kalyani adalah lulusan teknik perindustrian.

Kini, Bharat Forge merupakan perusahaan manufaktur multinasional berbasis di Pune, India. Perusahaan ini memasok komponen ke sejumlah perusahaan manufaktur, seperti otomotif, ketenagalistrikan, minyak dan gas, konstruksi dan pertambangan, lokomotif, industri kelautan, serta industri luar angkasa.

Perusahaan yang sudah berusia lebih dari setengah abad itu juga tercatat sebagai salah satu perusahaan terbesar di India.  Jumlah karyawan mencapai lebih dari 10.000 orang yang tersebar di seluruh dunia.

Di bawah kendali Kalyani, Bharat Forge menggelar banyak aksi korporasi. Salah satunya penandatanganan perjanjian kerja sama joint venture dengan perusahaan kelas kakap asal Prancis yang bergerak di bidang energi bernama Alstom.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×