kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tencent beli 14% saham konglomerasi properti China, Wanda Commercial US$ 5,4 M


Selasa, 30 Januari 2018 / 12:52 WIB
Tencent beli 14% saham konglomerasi properti China, Wanda Commercial US$ 5,4 M
ILUSTRASI. Wang Jianlin


Sumber: Reuters | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Dalian Wanda Commercial Properties Co.  mendapat suntikan dana segar dari sejumlah investor yang dipimpin perusahaan raksasa teknologi Tencent Holdings. Kelompok investor ini akan membeli 14% saham perusahaan inti dari Wanda Group ini seharga US$ 5,4 miliar. 

Kelompok investor tersebut di antaranya Suning Commerce Group, JD.com Inc dan Sunac China yang akan membeli saham senilai 34 miliar yuan dari pemegang saham perusahaan pengembang properti ini ketika delisting dari bursa Hong Kong pada 2016 silam. 

Kesepakatan ini akan membantu Wanda Commercial keluar dari tekanan keuangan. Perusahaan ini harus membayar kembali ke investor lama terkait dana pembelian yang dipakai untuk delisting kala itu.

Lembaga pemeringkat China menjelaskan, Wanda Commercial harus membayar US$ 410 juta pinjaman sindikasi sampai jatuh tempo pada Maret 2018 mendatang. Perusahaan ini juga harus membayar pinjaman lainnya US$ 1 miliar di akhir bulan Mei dan juga surat utang yang jatuh tempo pada November mendatang sebesar US$ 600 juta. 

Wanda Commercial delisting dari bursa ketika Wanda Group menjadikannya perusahaan privat dengan dana US$ 4,4 miliar. Delisting bertujuan untuk memindahkan pencatatan perusahaan di bursa Shanghai agar memiliki kinerja saham yang lebih baik.

Manajemen Wanda Group mengatakan, mereka akan mendapatkan dana sekitar US$ 1,3 miliar dari  pelepasan aset di London, Sydney dan Gold Coast. 

Setelah memiliki investor strategis yang anyar, Wanda Commercial yang mengoperasikan mall Wanda Plazas di China ini akan berganti nama menjadi Wanda Commercial Management Group. 

Perusahaan yang mengelola hotel, bioskop dan taman hiburan ini juga akan menyelesaikan penjualan aset yang sebelumnya telah dialokasikan dalam beberapa tahun ke depan. 

"Ke depan kami akan berhenti berbisnis pengelolaan properti. Kami hanya akan fokus pada manajemen komersial," ujar manajemen Wanda Group seperti dikutip Reuters. 




TERBARU

[X]
×