kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uber dan SK Telekom bentuk perusahaan patungan senilai US$ 150 juta di Korea Selatan


Jumat, 16 Oktober 2020 / 14:34 WIB
Uber dan SK Telekom bentuk perusahaan patungan senilai US$ 150 juta di Korea Selatan
ILUSTRASI. Logo Uber. REUTERS/Luisa Gonzalez/File Photo


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Uber Technologies Inc berencana untuk menginvestasikan US$ 150 juta ke dalam usaha patungan dengan SK Telekom Co. di Korea Selatan, dalam upaya untuk memperluas layanannya dan menghilangkan tekanan persaingan dan peraturan di negara tersebut. 

SK Telecom berencana untuk memisahkan navigasi atau peta-nya dan unit T-Mobility pada 29 Desember 2020, untuk lebih memaksimalkan layanan kepada lebih dari 200.000 pengemudi dan 750.000 pengguna taksi per bulan. Perusahaan ini kemudian akan membentuk usaha patungan pemesanan mobil denan Uber, yang akan menginvestasikan US$ 100 juta untuk 51% saham. 

Sementara Uber akan menginvestasikan dana sebesar US$ 50 juta untuk T Map Mobility itu sendiri. Melansir artikel Bloomberg, Jumat (16/10), kedua perusahaan tersebut diperkirakan mulai beroperasi pada paruh pertama tahun depan. Kemitraan ini muncul saat Uber sedang menjajaki pula kesepakatan yang dapat memperluas layanannya di luar pasar yang sudah mapan. 

Baca Juga: Inilah 5 strategi menjaga dan mengembangkan bisnis di era pandemi

Sebelumnya, Uber sedang mempertimbangkan pembelian Daimler AG dan usaha patungan BMW AG, Free Now dalam kesepakatan yang dapat meningkatkan pangsa pasarnya di Eropa dan Amerika Latin. 

Sementara itu, bisnis yang dijajal Uber dan SK dengan meluncurkan platform mobilitas merek bersama ini hanya tinggal menunggu persetujuan regulator. Bila telah rampung, artinya Uber akan melawan Kakao Corp yang saat ini mengoperasikan layanan mobilitas terbesar di Korea Selatan. Hal ini bisa menjadi titik balik ekspansi Uber di Asia, setelah beberapa kali dinilai gagal. 

Selanjutnya: Alibaba investasi US$ 3 miliar di Grab sekaligus akuisisi saham Uber?




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×