kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,72   -19,77   -2.14%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

17 WNI positif corona saat tiba di Jepang, hasil tes di Jakarta sebelumnya negatif


Kamis, 19 November 2020 / 12:23 WIB
17 WNI positif corona saat tiba di Jepang, hasil tes di Jakarta sebelumnya negatif
ILUSTRASI. Sebanyak 17 warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif terinfeksi virus corona saat tiba di Jepang.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - KANSAI. Setelah tiba di Bandara Kansai, Jepang pada Rabu (11/11/2020), sebanyak 17 warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Padahal sebelumnya, para WNI itu telah mengantongi surat pernyataan negatif virus corona di Indonesia sebelum terbang ke Jepang. 

Melansir NHK News, 17 WNI tersebut dites dengan tes antigen di Bandara Kansai. Mereka adalah perempuan berusia 20-an tahun yang tiba di Jakarta dalam penerbangan langsung dari Jakarta. 

Semua WNI itu dilaporkan tanpa gejala ketika tiba di Jepang dan kini dirawat di sebuah hotel di prefektur Osaka. Selama ini memang ada beberapa kasus di mana pendatang dari luar negeri dinyatakan positif corona di tempat pemeriksaan Bandara setiap harinya namun lebih dari 10 orang terinfeksi corona baru pertama kali ini dikonfirmasi. 

Meskipun mungkin saja 17 WNI itu menjadi positif setelah menjalani tes, pihak Kementerian Kesehatan Jepang merasa bahwa Indonesia perlu memastikan keandalan hasil negatif agar kasus serupa tidak terulang kembali. 

Baca Juga: Makin suram, kematian akibat Covid-19 di AS melampaui angka 250.000

Pemerintah Jepang telah mengizinkan orang-orang dari luar negeri untuk tinggal di Jepang dalam jangka waktu menengah hingga panjang untuk memasuki negara itu sejak bulan lalu.  Sementara 17 WNI yang datang dikabarkan telah memiliki tempat tinggal dan berencana untuk pergi ke prefektur Hiroshima.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "17 WNI Positif Corona Saat Tiba di Jepang, Sebelumnya Hasil Tes di Jakarta Tunjukkan Negatif"
Penulis : Miranti Kencana Wirawan
Editor : Miranti Kencana Wirawan

Selanjutnya: UPDATE Corona Indonesia, Rabu (18/11): Tambah 4.265 kasus, disiplin terapkan 3M




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×