kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

2 Pesawat pengebom AS disebut menuju Teluk Persia


Senin, 18 Januari 2021 / 04:48 WIB
2 Pesawat pengebom AS disebut menuju Teluk Persia
ILUSTRASI. Pesawat bomber B-52 Stratofortress


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - TEL AVIV. Harian Israel, Yedioth Ahronoth, pada Minggu (17/1/2021) melaporkan, dua pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS) tampak terbang di atas wilayah udara Israel menuju Teluk Persia. Dua pesawat pengebom tersebut adalah Boeing B-52 Stratofortress. 

"Ini adalah kelima kalinya dalam beberapa bulan terakhir pesawat AS dengan model khusus ini terlihat lewat di daerah tersebut," lapor surat kabar itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut. 

Pada 7 Januari, surat kabar tersebut juga melaporkan bahwa dua pesawat pengebom B-52 Stratofortress terbang di atas langit Israel. Kedua pesawat yang mampu membawa bom nuklir itu ditemani oleh jet tempur F-16 milik AS. 

Yedioth Ahronoth melaporkan, itu merupakan keempat kalinya B-52 muncul di langitIsrael dalam dua bulan terakhir. 

Baca Juga: Tantangan di bidang pertahanan menanti Joe Biden

Sehari kemudian, Kementerian Pertahanan Arab Saudi merilis rekaman video yang menunjukkan Angkatan Udara Kerajaan Arab Saudi dan Angkatan Udara AS melakukan latihan bersama sebagaimana dilansir dari Anadolu Agency. 

Latihan bersama itu melibatkan melibatkan jet tempur F-15 milik Arab Saudi, pesawat pengebom B-52 milik AS, dan jet tempur F-16. Pada Desember 2020, dua B-52 juga tampak di atas wilayah Israel sebagai bagian dari unjuk kekuatan AS terhadap Iran. 

Ketegangan antara AS dan Iran memang semakin meningkat belakangan ini meski Presiden AS Donald Trump akan lengser keprabon beberapa hari lagi. 

Baca Juga: PBB: Iran kembangkan logam uranium untuk bahan bakar reaktor nuklir

Ketegangan antara Iran dan Israel juga semakin meningkat setelah ilmuwan nuklir Iran, Mohsen Fakhrizadeh, tewas dibunuh pada November 2020. 

Presiden Iran Hassan Rouhani menuduh Israel sebagai pihak yang membunuh ilmuwan itu. Rouhani bersumpah akan melakukan pembalasan atas kematian Fakhrizadeh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Pesawat Pengebom AS Dikabarkan Menuju Teluk Persia"
Penulis : Danur Lambang Pristiandaru
Editor : Danur Lambang Pristiandaru

Selanjutnya: Mengintip spesifikasi kapal perang baru AS dari kelas Constellation




TERBARU

[X]
×