Sumber: Reuters | Editor: Dikky Setiawan
TOKYO. Produsen elektronik Jepang, Panasonic Corp menargetkan penjualannya di luar negeri bisa tumbuh dua digit dari tiga unit bisnisnya di tahun depan. Bagi Panasonic, memperbesar pasar di luar negeri sangat penting, mengingat penjualannya di pasar domestik cenderung menyusut akibat melemahnya daya beli konsumen.
Hitoshi Otsuki, Senior Managing Director Panasonic, mengatakan, perusahaannya akan menerapkan strategi bisnis baru pada Januari mendatang untuk mencapai target pertumbuhan penjualan sebesar 15-20% di sejumlah pasar negara berkembang seperti Brazil, Rusia, India dan China-- disebut negara BRIC--dan Vietnam.
Panasonic juga menargetkan pertumbuhan penjualan di Meksiko, Indonesia, Nigeria, Turki dan negara-negara Balkan, termasuk Serbia dan Macedonia sebagai pasar utama. Perusahaan akan membidik 30% pertumbuhan penjualan tahunan di negara tersebut dalam tiga tahun mendatang sejak April 2010.
Untuk mencapai target tersebut, menurut Otsuki, Panasonic akan menawarkan produk elektronik yang dirancang dengan desain dan harga yang menyasar kalangan konsumen kelas menengah atas. "Dengan strategi tersebut, kami optimistis target perusahaan akan tercapai," kata Otsuki, Kamis (26/11).