kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Pendapat Warren Buffett Tentang Emas, Positif atau Negatif?


Senin, 15 Mei 2023 / 09:05 WIB
3 Pendapat Warren Buffett Tentang Emas, Positif atau Negatif?
ILUSTRASI. Investor legendaris Warren Buffett dikenal tidak tertarik dengan investasi emas. REUTERS/Rick Wilking


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Investor legendaris Warren Buffett dikenal tidak tertarik dengan investasi emas. Akan tetapi, apa sebenarnya komentar Warren Buffett tentang si logam kuning?

Warren Buffett memiliki reputasi yang luar biasa sebagai investor. Saat ini, dia termasuk salah satu orang terkaya di dunia dan panutan bisnis bagi banyak orang.

Buffett, yang menjalankan Berkshire Hathaway terkenal tidak tertarik pada emas. Dia membuat pendiriannya pada logam kuning sangat jelas selama bertahun-tahun, dan itu bukanlah hal yang positif. 

Sederhananya, dia tidak menganggap emas cocok dengan strategi investasi nilai, yang melibatkan memilih perdagangan saham dengan harga kurang dari nilainya.

Mengingat keengganan Buffett terhadap emas, dapat dipahami bahwa pengamat pasar terkejut ketika Berkshire Hathaway berinvestasi di Barrick Gold pada Q2 2020, dengan membayar sekitar US$ 560 juta untuk sekitar 21 juta saham penambang emas besar tersebut.

Ada apa di balik keputusan itu? 

Banyak berita utama menyatakan bahwa Buffett telah berubah pikiran tentang emas. Tapi ada banyak pendapat lainnya. Salah satunya menyarankan bahwa bisa jadi orang lain di Berkshire yang melakukan perdagangan dan bukan Buffett sendiri. Pendapat yang lain menunjukkan bahwa ada perbedaan antara berinvestasi di emas dan berinvestasi di perusahaan pertambangan emas. 

Baca Juga: Ramalan Suram Warren Buffett Soal Kondisi Bank-Bank di Amerika, Apa Katanya?

Yang lain lagi mencatat bahwa saham Berkshire di Barrick relatif kecil dibandingkan dengan kepemilikan lainnya.

Pada akhirnya, posisi Buffett di Barrick ternyata hanya berumur pendek. Berkshire Hathaway keluar hanya dua kuartal kemudian, yang cukup lama untuk meraup keuntungan dari kenaikan besar emas dari krisis COVID-19. 

Mungkin Oracle of Omaha diberi petunjuk tentang status logam mulia sebagai aset safe-haven di saat ketidakpastian ekonomi.

Apa pun alasan perpindahan di Berkshire, menarik untuk melihat kembali beberapa komentar yang dibuat Buffett tentang emas. 

Mengutip investingnews.com dan Business Insider, berikut adalah tiga kutipan yang meringkas pendapat Buffett tentang emas:

Baca Juga: Masih Belum Berani Investasi? Warren Buffett Bagikan Beberapa Saran untuk Dicoba




TERBARU

[X]
×