kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45859,88   -1,43   -0.17%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

4 Kapal perang China berlayar di dekat Alaska, 2 kapal Penjaga Pantai AS membuntuti


Selasa, 14 September 2021 / 23:25 WIB
4 Kapal perang China berlayar di dekat Alaska, 2 kapal Penjaga Pantai AS membuntuti

Sumber: Global Times | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Sebuah situs yang berafiliasi dengan Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) melaporkan pada Minggu (12/9), armada kapal perang China akhir Agustus lalu berlayar di perairan internasional dekat Alaska. 

Mengutip Global Times, menurut laman Defense Visual Information Distribution Service (DVIDS) mengutip rilis dari Distrik 17 Penjaga Pantai AS, armada kapal perang China tersebut terdiri dari empat kapal perang.

Yakni, kapal penjelajah berpeluru kendali, kapal perusak berpeluru kendali, kapal intelijen umum, dan kapal pendukung. Mereka berlayar di perairan internasional di dalam Zona Ekonomi Eksklusif AS, di lepas pantai Kepulauan Aleutian, Alaska, pada 29 dan 30 Agustus lalu.

Sementara laporan DVIDS tidak menyebutkan nama empat kapal perang China, pengamat militer Tiongkok mengatakan, kemungkinan mereka dari armada yang sama yang berlayar ke Timur melalui Selat Soya ke Samudra Pasifik pada 24 Agustus lalu.

Sebelumnya, Pasukan Bela Diri Maritim Jepang melaporkan armada Angkatan Laut China yang terdiri dari empat kapal perang pada 24 Agustus berlayar melewati Selat Soya dari Laut Jepang.

Baca Juga: Panas! China beri peringatan kapal perusak AS yang berlayar di Laut China Selatan

Yaitu, kapal perusak Tipe 055 Nanchang, kapal perusak Tipe 052D Guiyang, kapal suplai Tipe 903A dengan nomor lambung 903, dan kapal pengintai dengan nomor lambung 799.

China mengklasifikasikan Type 055 sebagai kapal perusak, tetapi AS melihatnya sebagai kapal penjelajah.

Selama kegiatan kapal perang China di dekat Alaska, kapal Penjaga Pantai AS Bertholf dan Kimball juga beroperasi di daerah tersebut, menurut laporan DVIDS. Interaksi antara kapal Penjaga Pantai AS dan kapal perang China aman juga profesional.

Dan, komunikasi verbal sesuai dengan standar internasional yang ditetapkan dalam Kode Simposium Angkatan Laut Pasifik Barat untuk Pertemuan yang Tidak Direncanakan di Laut dan Konvensi tentang Peraturan Internasional untuk Mencegah Tabrakan di Laut.

Hanya, laporan tersebut tidak terdapat di situs DVIDS lagi karena alasan yang tidak diketahui pada Senin (13/9).

Selanjutnya: Jet tempur siluman J-20 unjuk gigi di Airshow China 2021, begini kemampuannya




TERBARU
Kontan Academy
Bongkar Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing

[X]
×