kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jet tempur siluman J-20 unjuk gigi di Airshow China 2021, begini kemampuannya


Kamis, 02 September 2021 / 23:20 WIB
Jet tempur siluman J-20 unjuk gigi di Airshow China 2021, begini kemampuannya

Sumber: Global Times | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Angkatan Udara China akan menampilkan pencapaian terbarunya, yang telah mengubah militer China menjadi kekuatan strategis di Airshow China 2021. Salah satunya, jet tempur paling canggih dan berkemampuan siluman, J-20

"Sebagai pencapaian bersejarah, Angkatan Udara China telah melewati ambang batas untuk menjadi angkatan udara yang strategis," kata Kolonel Senior Shen Jinke, juru bicara Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), Selasa (31/8).

"Angkatan Udara China akan menampilkan pencapaian terbarunya yang telah mengubahnya menjadi kekuatan strategis dalam perjalanannya menjadi kelas dunia," ujar Shen, seperti dikutip Global Times.

Menurut Shen, Angkatan Udara PLA sekarang mampu melaksanakan tugas dan misi secara efektif di era baru, dengan lebih banyak mesin perang termasuk jet tempur J-20 yang bergabung dengan mereka. 

Tambah lagi, J-20 telah memasuki tingkat kesiapan tempur berikutnya. Jet tempur J-20 terbang tanpa lensa Luneburg, perangkat kecil yang digunakan untuk secara sengaja memperlihatkan pesawat siluman kepada pihak lain.

Baca Juga: Dengan kombinasi serangan ini, China bisa lumpuhkan dengan mudah pertahanan Taiwan

Di Festival Qingming pada April lalu,  J-20 melakukan manuver udara, dan beberapa potongan gambar memperlihatkan jet tempur itu tidak dilengkapi lensa Luneburg, China Central Television (CCTV) melaporkan ketika itu.

Kemudian, garis teluk rudal berada samping pesawat berbeda dari J-20 sebelumnya.

Naga Perkasa

Lensa Luneburg adalah perangkat kecil yang digunakan untuk memperluas penampang radar pesawat, yang berarti bisa membuat pesawat siluman terlihat oleh radar, seorang ahli militer China mengatakan kepada Global Times.

Dengan tidak dilengkapi lensa Luneburg, J-20 akan menjadi siluman sebenarnya. Dan ini berarti, jet tempur itu siap dalam misi berorientasi skenario pertempuran nyata, menurut ahli militer China.

Baca Juga: Panas! Kapal perang AS berlayar di Selat Taiwan, China kirim pesawat tempur ke Taiwan




TERBARU

[X]
×