kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Tahun Lalu Warren Buffett Pernah Membuat Prediksi Brutal untuk 2023, Seperti Apa?


Selasa, 20 Desember 2022 / 08:31 WIB
5 Tahun Lalu Warren Buffett Pernah Membuat Prediksi Brutal untuk 2023, Seperti Apa?
ILUSTRASI. Warren Buffett dikenal sebagai sosok investor yang kerap membuat prediksi yang berani. REUTERS/Rick Wilking


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett dikenal sebagai sosok investor yang kerap membuat prediksi yang berani. 

Hampir lima tahun lalu, dia membuat prediksi brutal untuk tahun 2023. Dan, yang mengejutkan, prediksi yang dia buat itu sekarang tampak seperti kandidat untuk "prediksi brutal yang mendekati kebenaran pada dekade ini".

Melansir Inc.com, Warren Buffett dalam sebuah wawancara pada Januari 2018, saat ditanyai secara blak-blakan mengapa Berkshire Hathaway tidak memasukkan uang ke dalam crypto, begini jawabannya:

"Dalam hal cryptocurrency, secara umum, saya dapat mengatakan hampir dengan pasti bahwa mereka akan berakhir buruk. Jika saya dapat membeli aset lima tahun untuk setiap cryptocurrency, saya akan senang melakukannya. Saya pikir apa yang terjadi pasti akan berakhir buruk."

Bukan itu saja. Sebelumnya Buffett juga sangat bearish pada kripto di masa lalu, membandingkannya dengan gelembung tulip Belanda di abad ke-17. Kemudian, pada pertemuan tahunan Berkshire Hathaway 2018, dia melanjutkan:

"Itu (kripto) menarik banyak penipu. Ini adalah sesuatu di mana orang-orang yang kurang dari karakter bintang melihat peluang untuk menjebak orang-orang yang mencoba menjadi kaya karena tetangga mereka menjadi kaya dengan membeli barang-barang ini yang tidak dipahami oleh salah satu dari mereka. Itu akan berakhir buruk."

Tentu saja, Warren Buffett telah mengatakan hal yang sama sejak saat itu. Namun mengingat lonjakan yang terjadi di pasar kripto selama beberapa tahun terakhir, banyak orang tidak mempercayai prediksinya yang mengerikan.

Baca Juga: Jelang Resesi 2023, Ini 5 Tips Investasi dari Warren Buffett

Jadi, bagaimana hasil ramalan Buffett?

Dalam waktu yang sangat singkat, prediksi Buffett tampak jenius. Misalnya saja, cryptocurrency utama, Bitcoin turun dari level sekitar US$ 14.187 menjadi US$ 3.798 dalam waktu satu tahun.

Dalam jangka menengah, Bitcoin berhasil meroket kembali ke ketinggian di kisaran US$ 60.000 selama tahun 2021.

Bagaimana untuk jangka panjang?

Bitcoin telah jatuh sekitar 75% dari level tertingginya setahun yang lalu ke level US$ 16.462,70 (19/12/2022) saat saat berita ini diturunkan. Ini bisa jadi pertanda bahwa prediksi lama Buffett mungkin saja menjadi kenyataan.

Baca Juga: Inilah 5 Langkah Besar yang Dilakukan Warren Buffett di Tahun 2022

Lebih penting lagi, saat ini, beberapa institusi dan jaringan crypto telah mengalami keruntuhan. Yang paling depan adalah FTX, yang kehilangan miliaran dolar dan mengajukan kebangkrutan sejak November lalu.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×