kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

5 Aksi Warren Buffett yang Jadi Sorotan di Sepanjang 2022


Senin, 02 Januari 2023 / 10:34 WIB
5 Aksi Warren Buffett yang Jadi Sorotan di Sepanjang 2022
ILUSTRASI. Warren Buffett menghabiskan jumlah rekor dana untuk pembelian saham, melakukan akuisisi besar-besaran di 2022. REUTERS/Rick Wilking


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Keberuntungan Warren Buffett berubah pada tahun 2022. Setelah bertahun-tahun berjuang untuk menemukan penawaran menarik dan melihat dana kas Berkshire Hathaway menumpuk, investor terkenal itu akhirnya mendapatkan kesempatan besar untuk memanfaatkan tumpukan uangnya.

Melansir Business Insider, Warren Buffett menghabiskan jumlah rekor dana untuk pembelian saham, melakukan akuisisi besar-besaran, dan membuat beberapa perubahan mencolok pada taruhannya di luar negeri. 

Warren Buffett juga membicarakan tentang empat kepemilikan utama Berkshire dalam surat tahunannya, membuang bitcoin pada rapat pemegang saham tahunan, dan memberikan sumbangan kejutan untuk badan amal anak-anaknya.

Berikut adalah 5 aksi Warren Buffett yang menjadi sorotan di sepanjang 2022:

1. Surat tahunan

Warren Buffett menerbitkan surat tahunannya yang terkenal kepada pemegang saham Berkshire pada bulan Februari 2022.

Investor melampiaskan kekesalannya terhadap tumpukan uang tunai yang sangat besar di Berkshire senilai US$ 144 miliar, menyalahkan kurangnya penawaran di pasar saham. 

Warren Buffett juga merayakan "Empat Raksasa" di antara bisnis Berkshire: asuransi, rel kereta api, energi, dan saham Apple yang sangat besar.

Baca Juga: Sambut Tahun Baru, Warren Buffett Punya Nasihat Jitu untuk Investor

Selain itu, Warren Buffett tampaknya menanggapi kritik atas praktik perpajakannya dengan mencatat bahwa Berkshire membayar US$ 3,3 miliar dari pajak pendapatan federal pada tahun 2021. Jumlah itu hampir 1% dari semua pajak pendapatan perusahaan yang dikumpulkan oleh pemerintah AS tahun itu.

2. Mengakuisisi Alleghany

Warren Buffett mencapai kesepakatan untuk membeli Alleghany dengan nilai hampir US$ 12 miliar pada bulan Maret. Berkshire menyelesaikan pengambilalihan perusahaan asuransi itu pada bulan Oktober, mengakhiri kekeringan selama bertahun-tahun di bidang akuisisi.

Investor memamerkan pendekatan merek dagangnya untuk membuat kesepakatan, yang menghargai kepercayaan dan kesederhanaan. Dia mengusulkan merger saat makan malam dengan CEO Alleghany, yang sebelumnya mengelola anak perusahaan Berkshire. Dan pasangan tersebut secara resmi mengumumkan kesepakatan kurang dari dua minggu kemudian.

Warren Buffet juga menolak untuk mengalah pada ketentuan kesepakatan, dan ketika Alleghany mendaftarkan Goldman Sachs sebagai penasihat keuangan, dia bersikeras biaya bank investasi dikurangi dari harga penawaran Berkshire.

Baca Juga: Jangan Takut Resesi 2023, Ini Saran Investasi Warren Buffett di Masa Sulit




TERBARU

[X]
×