kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.404.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.245
  • IDX 7.314   -8,12   -0,11%
  • KOMPAS100 1.146   -0,08   -0,01%
  • LQ45 923   0,02   0,00%
  • ISSI 219   1,20   0,55%
  • IDX30 461   -1,29   -0,28%
  • IDXHIDIV20 553   -2,77   -0,50%
  • IDX80 129   0,20   0,16%
  • IDXV30 130   -1,13   -0,86%
  • IDXQ30 155   -0,81   -0,52%

9 Strategi Elon Musk dalam Menjalankan Bisnis, Entrepreneur Muda Bisa Tiru


Selasa, 09 Juli 2024 / 07:59 WIB
9 Strategi Elon Musk dalam Menjalankan Bisnis, Entrepreneur Muda Bisa Tiru
ILUSTRASI. 9 Strategi Elon Musk dalam Menjalankan Bisnis, Entrepreneur Muda Bisa Tiru. ANTARA FOTO/Media Center Wolrd Water Forum 2024/Aprillio Akbar/nym.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Elon Musk memiliki strategi-strategi yang ia gunakan dalam menjalankan bisnis miliknya. Meskipun cukup unik dan berbeda dari miliarder lainnya, bisnis milik Musk banyak yang sukses seperti Tesla, SpaceX hingga Stralink. 

Elon Musk diketahui selalu masuk dalam lima besar orang terkaya di dunia. Bahkan beberapa tahun terakhir, Elon Musk selalu masuk dalam tiga besar miliarder dunia versi Forbes

Ide produk milik Musk yang unik dan baru sukses membuat orang ingin membelinya. Strategi milik Elon Musk dalam berbisnis bisa Anda tiru.

Dengan menerapkan strategi tersebut, bisnis Anda bisa berkembang dan mendapatkan keuntungan. Mari simak strategi bisnis pemilik Tesla ini yang dihimpun dari Forbes dan Yahoo Finance.

Baca Juga: Bill Gates Punya Pendekatan Unik dalam Manajemen Keuangan

  • Jangan malas membaca

Sudah menjadi rahasia umum jika Elon Musk sangat gemar membaca. Pada usia yang masih belia, Musk bahkan sudah khatam seluruh Encyclopedia Britannica

Dari kegemarannya membaca, dia mampu mengembangkan berbagai macam ide. Tidak heran inovasi bisnis Elon Musk selalu unik dan baru.

Dengan membaca, Anda bisa menemukan hal-hal baru yang tidak ada di media sosial. Jika yang Anda fokus pada media sosial, ide yang didapat cenderung mengikuti tren.

  • Mulai di usia yang masih muda

Semakin bertambahnya usia, semakin banyak tanggung jawab yang diemban. Hal tersebut bisa menghambat saat sedang mengambil keputusan. 

Karenanya Elon Musk menyarankan agar mengambil resiko sebanyak-banyaknya kala masih muda. Dengan cara ini Anda tidak akan menyisakan penyesalan jika sudah tua nanti. 

Ada baiknya Anda mulai membuka usaha ketika masih muda sehingga Anda memiliki cukup waktu untuk mengelola dan menikmati hasil kerja keras Anda. 

  • Berhenti mengeluh

Salah satu strategi bisnis Elon Musk adalah berhenti mengeluh. Hal ini menjadi kunci bisnis miliknya sukses. 

Dibanding mengkritik dan mengeluh hal-hal yang tidak penting, lebih baik menciptakan sesuatu. 

Curahkan energi untuk mencari dan membuat produk baru untuk bisnis Anda. Dengan hal ini, waktu dan energi tidak terbuang sia-sia.

  • Tetap realistis

Memiliki mimpi yang tinggi dibutuhkan saat akan memulai bisnis, namun Anda tetap harus realistis saat akan mewujudkan impian Anda. 

Jangan mudah tergoda dengan cerita-cerita nikmatnya memiliki sebuah perusahaan atau bisnis tetapi tidak memahami proses membangun bisnis tersebut. 

Menurut Musk, menjalankan sebuah bisnis tidak seindah yang digambarkan di film atau cerita-cerita. Membangun sebuah bisnis membutuhkan tekad dan kemauan kuat untuk belajar dan membangun bisnis tersebut dari bawah. 

Baca Juga: Bukan Bitcoin, Robert Kiyosaki Sarankan Investasi Ini untuk Investor Baru

  • Jangan mengikuti tren

Poin yang keempat ini berkaitan dengan poin yang pertama. Jika mengikuti tren, sudah pasti pesaing Anda cukup banyak. 

Imbasnya, untuk menjadi sukses juga cukup sulit. Jika tren berganti, besar kemungkinan bisnis Anda juga meredup.

Agar bisnis tetap berjalan, temukan ide bisnis yang long-lasting.

  • Memberikan umpan balik

Umpan balik dari pelanggan merupakan hal yang paling berharga. Dari kritik dan saran dari pelanggan, Anda bisa tahu mana yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. 

Strategi bisnis ini cukup berhasil bagi Elon Musk. Dari saran pelanggan, Musk mencoba memperbaiki dan meningkatkan layanannya. 

Melansir Forbes, Musk menyarankan agar tidak takut pada kritik. Ubah mindset Anda jika kritik tersebut merupakan bagian dari pengembangan bisnis. 

Telaah kembali kritik tersebut dan cari sisi positifnya. Hal ini bisa membantu Anda mengembangkan produk dan layanan pada bisnis. 

  • Tidak fokus pada iklan

Iklan merupakan salah satu elemen penting dalam bisnis. Tanpa iklan, produk atau layanan tidak bisa dikenal oleh masyarakat. 

Namun demikian, menurut Elon Musk, terlalu fokus pada iklan justru tidak baik. Jika suatu produk sulit untuk diiklankan, dia akan menggantinya dengan produk lain. 

Cara ini bisa menekan biaya iklan yang dikeluarkan. Musk akan fokus pada peningkatan produk sehingga pelanggan bisa puas.

Jika produk sudah unggul, metode iklan dari mulut-ke-mulut akan sangat membantu dalam penjualan. 

  • Berani sukses = berani gagal

Strategi bisnis Elon Musk selanjutnya adalah berani gagal. Musk merencanakan kesuksesannya dengan baik, namun tetap siap jika mengalami kegagalan.

Kunci ini bisa membuat Anda selangkah lebih dekat dengan kesuksesan. Tidak sedikit orang yang siap sukses tetapi tidak siap gagal.

Saat mengalami kegagalan, mereka sangat terpukul sehingga sulit untuk bangkit. 

Persiapkan diri Anda untuk segala kemungkinan. Persiapkan rencana cadangan untuk meminimalisir kegagalan. 

  • Selalu bersemangat mengerjakan sesuatu

Salah satu kunci sukses Elon Musk dalam melakukan bisnisnya adalah selalu bersemangat dan senang dengan yang ia kerjakan. 

Banyak bisnis milik Musk adalah bisnis yang bergerak di bidang yang ia senangi sehingga ketika bekerja, Elon Musk selalu bersemangat. 

Menurut Musk, jika ketika bekerja Anda tidak menyukai pekerjaan yang Anda kerjakan, maka Anda akan tidak bersemangat. 




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligent with Ms Excel Pre-IPO : Explained

[X]
×