kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Abramovich Jual Perusahaannya ke Direktur Chelsea di Hari Pertama Invasi Rusia


Minggu, 20 Maret 2022 / 20:44 WIB
Abramovich Jual Perusahaannya ke Direktur Chelsea di Hari Pertama Invasi Rusia
ILUSTRASI. Pengusaha Rusia Roman Abramovich


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - LONDON. Pengusaha Rusia Roman Abramovich menjual sebuah perusahaan yang dikendalikannya, Ervington Investment Limited, ke Direktur Klub sepak bola Inggris Chelsea. Penjualan dilakukan pada hari dimana Rusia mulai menginvansi Ukraina.

Hal itu diketahui dari pengajuan perusahaan di bursa London dan Amsterdam.  Dari penelusuran Reuters, dikutip Minggu (20/3) Abramovich terdaftar sebagai pemilik manfaat dari Ervington Investmen Limited. Perusahaan yang berbasis di Siprus itu memiliki investasi puluhan miliar dollar dan telah berinvestasi di setidaknya 8 perusahaan termasuk Yandex, mesin pencarian di Rusia.

Ini merupakan kedua kalinya Abramovich menjual aset ke rekan dekatnya sebelum Inggris dan Eropa menjatuhkan sanksi ke Rusia di bulan ini.

Baca Juga: Klaim Punya Dukungan Materi yang Kuat, Broughton Ingin Pertahankan Status Chelsea

Pemerintah Inggris memang terbilang lambat melayangkan sanksi ke Rusia dibandingkan AS dan Uni Eropa. Hal itu membuat parlemen negara itu protes karena menurut mereka Inggris memberikan waktu kepada oligarki Rusia untuk memindahkan aset mereka di luar negeri sebelum pembatasan diumumkan.

Abramovich merupakan salah satu pengusaha paling kuat di Rusia di mana kekayaannya sebagian besar dari minyak dan aluminium selama kekacauan yang terjadi pasca pecahnya Uni Soviet pada 1991. Forbes mencatat kekayaan bersihnya lebih dari US$ 13 miliar.

Inggris dan Uni Eropa memberlakukan sanksi seperti pembekuan aset pada ratusan individu dan entitas Rusia yang dituduh menopang Presiden Rusia Vladimir Putin. Sementara Abramovich membantah memiliki hubungan dekat dengan Putin.

Pada 24 Februari, Eugene Tenenbaum, direktur Chelsea yang digambarkan di situs klub sebagai salah satu rekan terdekat Abramovich, mengambil kendali penuh atas Ervington, menurut pengajuan dengan London Stock Exchange. Baik Inggris, Uni Eropa maupun Amerika Serikat tidak memberikan sanksi terhadap Tenenbaum.

Tenenbaum dalam sebuah pernyataan kepada Reuters mengatakan perusahaannya membeli Ervington Investments dari kepercayaan dimana Abramovich dan anak-anaknya sebelumnya adalah penerima manfaat.

Dia mengatakan, pembelian dari trust, yang disebut Norma Investments, telah sesuai dengan hukum dan peraturan. Tenenbaum menolak untuk mengatakan berapa banyak dia membayar untuk saham tersebut.

Baca Juga: Masa Pengajuan Minat Beli Berakhir, Chelsea Mendapat Tiga Calon Pembeli

"Ervington adalah perusahaan tempat saya bekerja selama bertahun-tahun," katanya. "Saya tahu investasi dan karyawan perusahaan dengan baik, dan membeli Ervington memberi saya kesempatan untuk terus bekerja dengan bisnis ini, di bawah kendali saya dan untuk keuntungan saya, dan karyawan."




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×