Adik Perempuan Kim Jong Un Naik Pangkat Jadi Anggota Politbiro?

Selasa, 21 Desember 2021 | 23:05 WIB Sumber: Yonhap,Yonhap
Adik Perempuan Kim Jong Un Naik Pangkat Jadi Anggota Politbiro?


KONTAN.CO.ID - SEOUL. Kementerian Unifikasi Korea Selatan pada Senin (20/12) menanggapi dengan hati-hati laporan tentang kemungkinan perubahan status adik perempuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Respons Kementerian Unifikasi Korea Selatan itu beberapa hari setelah Kim Yo Jong terlihat berdiri di samping anggota dan anggota pengganti Politbiro Partai Buruh Korea Utara pada sebuah acara pekan lalu.

Melansir Yonhap, Kim Yo Jong terlihat di antara anggota dan anggota pengganti Politbiro selama acara peringatan untuk ayahnya dan mendiang Pemimpin Korea Utara Kim Jong Il di Pyongyang pada Jumat (17/12).

Baca Juga: 10 Tahun Kematian Kim Jong Il, Warga Korea Utara Dilarang Tertawa

Keberadaannya menunjukkan, Kim Yo Jong mungkin telah ditunjuk sebagai anggota atau anggota pengganti Politbiro, menurut rekaman video yang ditayangkan di media Pemerintah Korea Utara.

Dia, bagaimanapun, muncul di baris kelima dari kelompok besar termasuk Kim Jong Un yang ada di baris pertama dan pejabat senior saat memberi penghormatan kepada ayahnya di Istana Matahari Kumsusan, di mana tubuhnya disemayamkan.

Kim Yo Jong sebelumnya adalah anggota pengganti Biro Politik Partai Buruh tetapi diturunkan pangkatnya pada kongres Januari lalu. 

Posisinya yang diketahui saat ini adalah anggota Komisi Urusan Negara dan Komite Pusat Partai Buruh, serta wakil direktur Departemen Informasi dan Instruksi partai berkuasa di Korea Utara itu.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru