kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agensi BTS, HYBE akan Mengakuisisi Saham SM Entertainment Senilai US$ 335 Juta


Jumat, 10 Februari 2023 / 10:20 WIB
Agensi BTS, HYBE akan Mengakuisisi Saham SM Entertainment Senilai US$ 335 Juta
ILUSTRASI. Perusahaan hiburan Korea Selatan HYBE akan membeli saham SM Entertainment senilai 423 miliar won atau setara dengan US$ 335 juta.


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Perusahaan hiburan Korea Selatan HYBE mengatakan akan membeli saham SM Entertainment senilai 423 miliar won atau setara dengan US$ 335 juta. Langkah ini dilakukan untuk memperkuat posisinya di industri K-Pop.

Mengutip Reuters, Jumat (10/2), dalam sebuah pernyataan, HYBE mengungkapkan, langkah akuisisi ini akan menjadikan HYBE sebagai pemegang saham terbesar SM Entertainment karena mengambil alih 14,8% saham saingannya yang dibeli dari 18,4% saham yang dipegang oleh pemegang saham terbesar sebelumnya dan pendiri SM, Lee Soo-man.

"HYBE sepenuhnya setuju dengan inisiatif strategis mantan Kepala Produser Lee termasuk metaverse, sistem multi-label, dan kampanye visi berkelanjutan," kata Ketua HYBE Bang Si-Hyuk.

Baca Juga: Webtoon Dinilai Akan Menjadi Fenomena Budaya Korea Berikutnya

HYBE adalah agensi yang menaungi K-pop mega band BTS. SM adalah agensi yang menaungi sejumlah artis K-pop populer lainnya termasuk NCT dan Aespa.

Pada Jumat (10/2), HYBE juga telah mengajukan penawaran untuk saham SM yang dipegang oleh pemegang saham minoritas. Perusahaan ini berusaha untuk membeli hingga 25% dari agensi saingannya dengan maksud memperoleh hak manajemen.

Selama bertahun-tahun, industri musik pop Korea Selatan didominasi oleh tiga perusahaan besar yakni SM, JYP dan YG Entertainment, sampai boy band K-pop BTS menjadi terkenal secara internasional, membuat HYBE lebih besar dari tiga lainnya.

Namun ketujuh anggota BTS diperkirakan akan memulai wajib militer mereka dalam beberapa tahun ke depan, dimulai dengan Jin, anggota tertua grup yang bergabung dengan militer pada bulan Desember. Septet diatur untuk kembali secara penuh hanya pada tahun 2025.

Dengan hiatus grup, portofolio luas SM Entertainment akan terbukti menguntungkan secara komersial untuk HYBE, kata kritikus musik Kim Do Heon.

"HYBE menjadi raksasa tetapi kelemahannya adalah tidak memiliki warisan. SM adalah perusahaan yang ada sepanjang sejarah K-pop dan akan membawa warisan bagi HYBE," kata Kim.

Baca Juga: Beli 9,05% Saham, Kakao Corp Jadi Pemegang Saham Terbesar Kedua di SM Entertainment

Saham HYBE dan SM Entertainment masing-masing naik 6% dan 16%, pada pukul 11:05 (0205 GMT).

Awal pekan ini, perusahaan teknologi Korea Selatan Kakao Corp mengatakan akan mengakuisisi 9,05% saham di SM Entertainment untuk mengejar proyek bersama termasuk audisi K-pop global.

($1 = 1.264,5200 won)




TERBARU

[X]
×