kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akibat corona, berbagai negara khawatir industri strategisnya diakuisisi China


Selasa, 05 Mei 2020 / 19:54 WIB
Akibat corona, berbagai negara khawatir industri strategisnya diakuisisi China


Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Negara-negara di seluruh dunia membangun benteng untuk menangkis upaya akuisisi asing, terutama oleh China untuk mengambil aset penting secara strategis yang telah kehilangan valuasi selama pandemi virus corona.

Dari Amerika Serikat hingga ke India dan Australia, pemerintah memperingatkan tentang perlunya menjaga industri-industri utama agar tidak jatuh ke tangan asing, telah mengambil tindakan terhadap potensi penjualan saham dari perusahaan-perusahaan berharga yang harga sahamnya anjlok.

Baca Juga: Catat lagi 10.000 kasus baru, infeksi corona di Rusia lewati 150.000 kasus

Pandemi corona telah menyebabkan keruntuhan ekonomi internasional yang tidak terlihat sejak Depresi Hebat. Triliun dolar dari valuasi perusahaan pun telah menguap. Di AS saja, patokan Dow Jones Industrial Average, meskipun ada pemulihan baru-baru ini, tetap turun 18% sejak akhir Februari.

Boeing dan Airbus masing-masing kehilangan hampir 60% nilai pasar sejak pertengahan Februari. Saham perusahaan minyak Italia ENI dan perusahaan pertambangan terbesar Australia, BHP Group, turun 40% atau lebih sejak Januari.

Ketika nilai aset turun, pemerintah khawatir bahwa peluang pembelian diciptakan untuk musuh seperti China. Dalam beberapa minggu terakhir sejumlah negara telah menerapkan langkah-langkah perlindungan baru dengan memperkuat tinjauan investasi asing dan bahkan mempertimbangkan apakah akan mengambil risiko di beberapa perusahaan yang dianggap strategis.

Margrethe Vestager, komisaris kompetisi Uni Eropa, mengatakan bulan lalu bahwa negara-negara Eropa harus mempertimbangkan membeli saham di perusahaan-perusahaan untuk mencegah ancaman pengambilalihan China. 

Baca Juga: Wah, pesawat pembom siluman terbaru China diprediksi akan melakukan debut tahun ini

"Kami tidak memiliki masalah dengan negara yang bertindak sebagai pelaku pasar jika diperlukan. Jika mereka membeli saham di perusahaan atau jika mereka ingin mencegah pengambilalihan semacam ini," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×