kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aksi anak muda WallStreetBets amatir menekuk para trader kawakan di saham GameStop


Jumat, 29 Januari 2021 / 12:57 WIB
Aksi anak muda WallStreetBets amatir menekuk para trader kawakan di saham GameStop
ILUSTRASI. The GameStop store sign is seen at its shop in Westminster, Colorado January 14, 2014. REUTERS/Rick Wilking GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD SEARCH GLOBAL BUSINESS 20 NOV FOR ALL IMAGES


Sumber: Forbes | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Pasar saham Amerika Serikat sedang gempar dengan aksi investor ritel yang bisa menekuk para trader kawakan. Peperangan itu terjadi di saham GameStop yang tiba-tiba harganya melonjak hingga perusahaan hedge fund menderita kerugian hingga miliaran dollar.  

Para investor ritel yang melakukan aksi di Wall Street dan menjadi perbincangan adalah komunitas perdagangan saham Reddit yang dikenal sebagai WallStreetBets. Mengutip Forbes, WallStreetBets, sebuah grup beranggotakan 3 juta orang yang sebagian besar adalah investor muda. Sebagian besar adalah pria amatir, mereka bersatu untuk meroketkan saham pengecer video-game Gamestop dari sekitar $ 40 per saham menjadi lebih dari $ 400 per saham. Aksi WallStreetBetsmenggoreng saham GameStop membuat harga saham itu semakin naik hingga mereka mampu mencetak cuan. Sebaliknya ada kerugian yang diderita oleh para hedge fund.   

Masih menurut Forbes, aksi WallStreetBets ini membesut perhatian termasuk pemerintah Amerika Serikat. Kabarnya, Menteri Keuangan Janet Yellen jugasedang memantau situasi. Sementara pihak berwenang belum mengambil langkah langsung apa pun terhadap pedagang Reddit  
 
Memang sulit membendung langkah para investor ritel muda ini. Sebagian besar pengguna di grup Reddit sengaja merahasiakan identitas mereka. Dilihat dari apa yang mereka posting di sana, mereka memiliki beberapa karakteristik dasar. Para anggotanya memperdagangkan sekuritas jangka pendek, sebagian besar opsi saham dan turunan berisiko lainnya.

Pendiri WallStreetBets Jaime Rogozinski menyebutkan kemenangan para investor ritel itu merupakan sebuah peralihan kekuasaan. ““Apa yang sedang dicapai sekarang adalah apa yang Occupy Wall Street coba dan gagal lakukan — peralihan kekuasaan, peralihan kendali dari Wall Street ke Main Street,” ujarnya. Jaime sendiri berada di Mexico City, Meksiko.




TERBARU

[X]
×