Alhamdulillah, masjid di Mekkah dibuka mulai Minggu, ibadah haji belum diputuskan

Sabtu, 20 Juni 2020 | 07:29 WIB Sumber: Al Jazeera
Alhamdulillah, masjid di Mekkah dibuka mulai Minggu, ibadah haji belum diputuskan

ILUSTRASI. Arab Saudi akan membuka kembali masjid di Mekkah, Minggu (21/6), setelah ditutup selama tiga bulan karena pandemi corona.


KONTAN.CO.ID - RIYADH. Arab Saudi berencana membuka kembali masjid di Mekkah, kota suci umat Islam, pada Minggu (21/6), setelah ditutup selama tiga bulan karena pandemi corona.

Kerajaan Arab Saudi telah mengambil tindakan pembatasan terhadap penyebaran virus corona, terutama di Mekkah, tetapi jumlah kasus virus corona meningkat dalam beberapa hari terakhir.

"Masjid-masjid di kota suci akan mulai membuka kembali pintu mereka kepada umat pada hari Minggu setelah penutupan tiga bulan karena pandemi corona," demikian laporan televisi Al-Ekhbariya mengutip keputusan Kementerian Urusan Islam.

Baca Juga: Lockdown diperlonggar, korban meninggal akibat corona di Arab Saudi tembus 1.000

Sekitar 1.500 masjid sedang dipersiapkan untuk menyambut pengunjung. Televisi Al-Ekhbariya menunjukkan rekaman para pekerja menyemprotkan desinfektan ke lantai dan karpet.

Keputusan itu datang berminggu-minggu sebelum dimulai pelaksanaan ibadah haji, ziarah tahunan Muslim ke Mekkah. Sementara ibadah haji akan diadakan pada akhir Juli, pihak berwenang belum mengumumkan apakah akan melanjutkan atau dibatalkan.

Di luar Mekkah, masjid-masjid di tempat lain di negara itu dibuka kembali pada akhir Mei, tetapi dengan aturan ketat yang memaksakan jarak sosial dan langkah-langkah lainnya.

Arab Saudi telah melaporkan lebih dari 150.000 kasus virus corona, termasuk hampir 1.200 kematian.

Baca Juga: Selain Indonesia, negara-negara ini juga batalkan keberangkatan jemaah haji 2020

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru