kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45950,15   -24,18   -2.48%
  • EMAS989.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Alibaba dan Tencent Bersiap Lakukan PHK Besar-Besaran


Kamis, 17 Maret 2022 / 16:02 WIB
Alibaba dan Tencent Bersiap Lakukan PHK Besar-Besaran
ILUSTRASI. Alibaba dan Tencent Bersiap Lakukan PHK Besar-Besaran


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Alibaba Group Holding Ltd dan Tencent Holdings Ltd sedang bersiap untuk memangkas puluhan ribu pekerja dalam putaran PHK terbesar tahun ini.

Dilansir dari Reuters, salah satu sumber yang mengetahui perkiraan rencana perusahaan menyebut, Alibaba belum menentukan target PHK di seluruh grup, perusahaan e-commerce terbesar di China pada akhirnya dapat memangkas lebih dari 15% dari total tenaga kerjanya, atau sekitar 39.000 karyawan.

Tencent, pemilik aplikasi pesan WeChat yang dominan di China, juga berencana untuk memangkas pekerjanya di beberapa unit bisnisnya tahun ini, kata tiga orang yang mengetahui masalah tersebut.

Salah satu dari tiga orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan divisinya, yang menangani bisnis seperti streaming video dan pencarian, akan memangkas 10% hingga 15% dari tenaga kerjanya tahun ini. Sementara Alibaba dan Tencent tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Baca Juga: Pendapatan Alibaba Kuartal Ketiga Tumbuh Paling Lambat Sejak Go Public 2014

Pemutusan hubungan kerja di kedua perusahaan tersebut akan menjadi PHK skala besar pertama sejak regulator China meluncurkan kampanye yang belum pernah terjadi sebelumnya satu setengah tahun yang lalu untuk untuk mengendalikan raksasa internetnya, setelah bertahun-tahun melakukan pendekatan untuk mendorong percepatan pertumbuhan yang tinggi.

Tindakan keras regulasi, dikombinasikan dengan ekonomi yang melambat, telah menyebabkan penurunan penjualan untuk sebagian besar perusahaan internet di negara tersebut.

Jatuhnya harga saham, mempersulit pembiayaan baru, dan ekspansi bisnis jauh lebih sulit di ekonomi terbesar kedua di dunia, memaksa perusahaan seperti Alibaba dan Tencent untuk mencari cara dalam memangkas biaya operasional.

Kata sumber pertama, Alibaba mulai memecat karyawannya bulan lalu. Sumber itu menambahkan bahwa mereka membahas PHK dengan beberapa unit bisnis bulan lalu dan membiarkan mereka menyusun rencana spesifik. Sejak itu, beberapa unit bisnis berkembang pesat.

Baca Juga: Masih Awasi Bisnis Ma, Beijing Minta Perusahaan Negara Laporkan Investasi di Ant

Sementara, sumber kedua mengatakan divisi layanan konsumen lokalnya, Ele.me yang mencakup bisnis pengiriman makanan dan layanan pengiriman, pemetaan bahan makanan lainnya, bermaksud untuk memangkas sebanyak 25% dari tenaga kerjanya.

Unit streaming video perusahaan Youku, juga merencanakan pemutusan hubungan kerja. Itu termasuk rencana untuk memecat tim yang bertanggung jawab memproduksi pertunjukan untuk anak-anak.




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×