kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,96   -24,77   -2.57%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amazon.com Inc akan Tutup 6 Toko Whole Foods di 4 Negara Bagian


Sabtu, 30 April 2022 / 10:57 WIB
Amazon.com Inc akan Tutup 6 Toko Whole Foods di 4 Negara Bagian
ILUSTRASI. An employee scans packages at Amazon's JFK8 distribution center in Staten Island, New York, U.S. November 25, 2020. Amazon.com Inc akan Tutup 6 Toko Whole Foods di 4 Negara Bagian


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Amazon.com Inc. akan menutup enam lokasi toko Whole Foods di empat negara bagian. Hal tersebut dilakukan hampir dua bulan setelah menutup lusinan toko buku dan toko suvenir di seluruh negeri.

Dari lebih dari 500 toko di seluruh negeri, lokasi yang ditutup berada di Montgomery dan Mobile, Alabama; Tarzana, California; Brookline, Massachusetts; dan lingkungan Englewood dan DePaul di Chicago. Lima toko akan tutup pada 6 Mei dan lokasi Englewood akan tutup dalam beberapa bulan mendatang.

“Saat kami terus memposisikan Whole Foods untuk kesuksesan jangka panjang, kami secara teratur mengevaluasi kinerja dan potensi pertumbuhan masing-masing toko kami, dan kami telah membuat keputusan sulit untuk menutup enam toko,” kata juru bicara Whole Foods dikutip dari Reuters, Sabtu (30/4).

Sebelumnya, Amazon mengatakan memiliki kelebihan ruang gudang dan karyawan ketika menjelaskan kerugian kuartal pertama yang tidak terduga dan prospek suram untuk periode saat ini. Penjualan online turun 3% pada kuartal tersebut. 

Baca Juga: Saham Amazon Anjlok, Kekayaan Jeff Bezos Menguap Rp 289 Triliun dalam Sehari

Pendapatan dari toko fisik, yang sebagian besar adalah Whole Foods, adalah salah satu dari sedikit titik terang dari hasil kuartalan Amazon, dengan penjualan sebesar US$ 4,59 miliar, naik 17% dari tahun sebelumnya.

Perusahaan yang berbasis di Seattle ini membuat langkah terbesarnya ke ritel fisik pada tahun 2017 dengan akuisisi Whole Foods Market senilai US$ 13 miliar.

Sejak itu, perusahaan juga telah meluncurkan supermarket Amazon Fresh sendiri dan sekarang memiliki lebih dari 20 lokasi di California, Illinois, dan kawasan Atlantik tengah.

Walikota Chicago Lori Lightfoot mengatakan keputusan untuk menutup dua toko di kotanya mengecewakan. Dia menyatakan keprihatinannya terhadap para pekerja serta kerugian bagi beberapa penduduk di komunitas yang berisiko memiliki sedikit pilihan lain untuk berbelanja bahan makanan. 

Baca Juga: Kekayaan Chairul Tanjung Bertambah, Ini 10 Orang Terkaya Indonesia

“Bersama dengan komunitas dan pemimpin terpilih lokal, pemerintahan saya akan bekerja untuk mengubah lokasi ini dengan cara yang terus melayani masyarakat dan mendukung bisnis di sekitarnya,” kata Lightfoot dalam sebuah pernyataan.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×