kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amerika Larang Terbang Sementara Pesawat Boeing MAX Pasca Insiden Alaska Airlines


Minggu, 07 Januari 2024 / 07:30 WIB
Amerika Larang Terbang Sementara Pesawat Boeing MAX Pasca Insiden Alaska Airlines
ILUSTRASI. Pesawat Boeing 737 Max 9 Alaska Airlines


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA - Otoritas penerbangan Amerika Serikat The Federal Aviation Administration (FAA) pada hari Sabtu (6/1), resmi melarang terbang untuk sementara, pesawat jenis Boeing 737 Max 9.

Larangan menerbangkan sementara pesawat jetliners Boeing 737 MAX 9 untuk dilakukan pemeriksaan keselamatan menyusul insiden ledakan panel kabin yang memaksa sebuah pesawat baru yakni Alaska Airlines melakukan pendaratan darurat.

Sebuah bagian dari badan pesawat terlepas dari sisi kiri pesawat ketika pesawat itu naik setelah lepas landas dari Portland, Oregon, menuju Ontario, California, pada Jumat. 

Hal ini memaksa pilot untuk kembali dan mendarat dengan selamat dengan seluruh 171 penumpang dan enam awak pesawat di dalamnya.

Insiden tersebut terjadi pada pesawat yang belum lama dioperasikan alias pesawat yang baru beroperasi selama delapan minggu.

Pesawat Boeing 737 Max 9 Alaska Airlines

Keputusan FAA ini jauh dari larangan global terhadap pesawat MAX Boeing yang hampir lima tahun yang lalu setelah dua kecelakaan yang menewaskan hampir 350 orang. 

Namun, ini merupakan pukulan lain bagi Boeing yang berusaha pulih dari krisis keselamatan dan pandemi berturut-turut di tengah beban utang yang berat.

FAA tidak menutup kemungkinan tindakan lebih lanjut pada hari Sabtu (6/1/2024) karena penyelidikan dimulai terkait kegagalan struktural yang terlihat, yang meninggalkan lubang persegi panjang di area badan pesawat yang diperuntukkan untuk pintu tambahan opsional tetapi dinonaktifkan pada pesawat Alaska.

Pesawat Boeing 737 MAX 9 yang dilengkapi dengan "penutup" penggantian pintu khusus tidak boleh terbang hingga mereka diperiksa dan diperbaiki jika diperlukan, kata Federal Aviation Administration.

"FAA mengharuskan pemeriksaan segera pada beberapa pesawat Boeing 737 MAX 9 sebelum mereka dapat kembali terbang," kata kepala FAA, Mike Whitaker.

Investigator Dewan Keselamatan Transportasi Nasional diharapkan tiba di lokasi pada hari Sabtu sore.

Posting media sosial menunjukkan masker oksigen diterapkan dan sebagian dinding samping pesawat hilang.

Sebuah bagian dari badan pesawat yang diperuntukkan untuk pintu opsional telah menghilang, meninggalkan celah berbentuk pintu yang rapi. Kursi di sebelah panel, yang berisi jendela biasa, tidak terisi.

Emma Vu, seorang penumpang di penerbangan Alaska, mengatakan kepada CNN bahwa dia terbangun karena pesawat "tiba-tiba turun, dan saya tahu itu bukan turbulensi normal karena masker turun dan itulah saat kepanikan benar-benar mulai terjadi."

Pintu tambahan biasanya dipasang oleh maskapai berbiaya rendah dengan menggunakan kursi tambahan yang memerlukan lebih banyak jalur evakuasi. Namun, pintu-pintu tersebut secara permanen "ditutup," atau dinonaktifkan, pada pesawat dengan jumlah kursi yang lebih sedikit, termasuk pesawat Alaska.

Badan pesawat Boeing 737 diproduksi oleh Spirit AeroSystems berbasis di Kansas SPR.N, yang berpisah dari Boeing pada tahun 2005. Spirit memproduksi dan menginstal pintu penutup khusus yang mengalami kebocoran, kata sumber kepada Reuters pada hari Sabtu. Perusahaan tidak merespons permintaan untuk komentar.

FAA mengatakan direktif pemeriksaannya mencakup 171 pesawat MAX 9 tetapi tidak mengatakan berapa banyak pesawat yang perlu diperiksa ulang atau apa persyaratan pemeriksaan yang tepat.

MAX 9 mewakili sekitar 220 dari 1.400 pesawat MAX yang telah diserahkan sejauh ini dan sebagian besar dari mereka memiliki pintu yang dinonaktifkan, yang berarti mereka mungkin tercakup dalam perintah tersebut.

Pesawat Boeing 737 Max 9 Alaska Airlines

Boeing mendukung keputusan FAA.

Beberapa regulator asing termasuk China mencari rincian tentang insiden ini, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut. Bloomberg melaporkan sebelumnya bahwa China, negara pertama yang melarang penerbangan MAX pada tahun 2019, sedang mempertimbangkan apakah akan mengambil tindakan.

Pesawat MAX di seluruh dunia dilarang terbang selama 20 bulan setelah kecelakaan di Ethiopia dan Indonesia yang terkait dengan perangkat lunak kokpit yang dirancang buruk.

ALASKA, UNITED TERPENGARUHI

Alaska Airlines dan United Airlines satu-satunya maskapai AS yang menggunakan MAX 9, menurut penyedia data penerbangan Cirium. Keduanya membatalkan puluhan penerbangan pada hari Sabtu.

Alaska mengatakan sebelumnya bahwa mereka secara sukarela menangguhkan seluruh armada 65 pesawat Boeing MAX 9 mereka untuk pemeriksaan. Mereka mengatakan 18 pesawat diperiksa selama pemeliharaan terbaru dan sudah diizinkan terbang, sementara pemeriksaan yang tersisa diperkirakan akan memakan waktu beberapa hari.

United mengatakan mereka menangguhkan layanan pada sekitar 45 pesawat MAX 9 untuk pemeriksaan dan memperkirakan akan ada 60 pembatalan penerbangan pada hari Sabtu.

Boeing menunggu sertifikasi MAX 7 yang lebih kecil dan MAX 10 yang lebih besar yang dibutuhkan untuk bersaing dengan model Airbus A321neo yang bersaing.

Boeing telah mengalami sejumlah masalah produksi pada pesawat MAX sejak kecelakaan tersebut. Minggu lalu, Boeing mengatakan sedang mendorong maskapai untuk memeriksa semua pesawat 737 MAX untuk kemungkinan baut yang longgar pada sistem kontrol kemudi.

Penerbangan 1282 telah mencapai lebih dari 16.000 kaki ketika kebocoran terjadi, menurut FlightRadar24. "Kami ingin turun," kata pilot kepada kontrol lalu lintas udara, menurut rekaman yang diposting di liveatc.net.

"Kami mengumumkan keadaan darurat. Kami perlu turun ke 10.000," tambah pilot, merujuk pada ketinggian awal yang ditentukan untuk keadaan darurat semacam itu, di bawah mana pernapasan dianggap mungkin bagi orang yang sehat tanpa oksigen tambahan.

"Saya tidak bisa membayangkan apa yang dialami penumpang ini," kata Anthony Brickhouse, seorang ahli keselamatan udara di Universitas Aeronautika Embry-Riddle. "Angin pasti bertiup melalui kabin. Itu mungkin situasi yang cukup keras, dan pasti situasi yang menakutkan."

Seorang regulator keselamatan udara Inggris mengatakan akan mengharuskan operator 737 MAX 9 apa pun untuk mematuhi direktif FAA untuk memasuki wilayah udaranya.

Selanjutnya: Politisasi Bantuan Sosial

Menarik Dibaca: Fitur Baru AI Instagram, Bisa Ubah Background Foto IG Story dengan Mudah




TERBARU

[X]
×