kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,80   -7,56   -0.81%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amerika Serikat batalkan pengerahan dua kapal perang ke Laut Hitam


Kamis, 15 April 2021 / 19:50 WIB
Amerika Serikat batalkan pengerahan dua kapal perang ke Laut Hitam
ILUSTRASI. Sebuah pesawat pengintai P-8A Poseidon Angkatan Laut AS terbang di atas kapal perusak berpeluru kendali USS Donald Cook (DDG 75) di Laut Hitam, 9 Februari 2021. Foto oleh Spesialis Komunikasi Massa Kelas 3 Will Hardy. Dok: Armada Ke-6 Angkatan Laut AS


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Amerika Serikat membatalkan pengerahan dua kapal perang ke Laut Hitam, pejabat Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan, di tengah kekhawatiran atas peningkatan militer Rusia di perbatasan Ukraina.

Pekan lalu, Turki mengungkapkan, Amerika Serikat akan mengirim dua kapal perang ke Laut Hitam, dalam keputusan yang Rusia sebut sebagai provokasi tidak bersahabat.

Melansir Al Jazeera, Kedutaan AS di Ankara telah memberi tahu Kementerian Luar Negeri Turki tentang pembatalan pengiriman kapal perang tersebut, menurut pejabat Kementerian Luar Negeri Turki pada Rabu (14/5) tetapi tidak memberikan alasan.

Kantor berita Anadolu yang Pemerintah Turki kelola kemudian melaporkan, tidak ada pemberitahuan baru yang Amerika Serikat sampaikan ke Ankara untuk kemungkinan pengiriman kapal perang di kemudian hari.

Baca Juga: Jerman dan AS minta Rusia tarik pasukan dari perbatasan Ukraina

Sebelumnya, sumber TASS di Kementerian Luar Negeri Turki menyebutkan pada Jumat (9/5), dua kapal perang AS akan memasuki Laut Hitam melalui Selat Bosporus pada 14 dan 15 April serta berada di perairan itu hingga 4-5 Mei.

NTV, stasiun TV Turki, melaporkan pada Jumat, kapal perusak berpeluru kendali kelas The Arleigh Burke USS Roosevelt dan USS Donald Cook akan melewati Selat Bosporus ke Laut Hitam minggu depan.

Merespons rencana kehadiran kapal perang AS, Moskow mengeluarkan peringatan kepada Washington.

“Kami memperingatkan Amerika Serikat, akan lebih baik bagi mereka untuk menjauh dari Krimea dan pantai Laut Hitam kami. Itu untuk kebaikan mereka sendiri,” tegas Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov, seperti dikutip Reuters.

Selanjutnya: Rusia: Amerika Serikat adalah musuh kami!




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×