kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amerika Serikat Persiapkan Upaya Baru untuk Menindak Penghindaran Sanksi Rusia


Jumat, 15 April 2022 / 05:55 WIB
Amerika Serikat Persiapkan Upaya Baru untuk Menindak Penghindaran Sanksi Rusia


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Amerika Serikat tengah mempersiapkan upaya baru untuk menindak penghindaran sanksi oleh Rusia.

Mengutip Reuters, Jumat (15/4), Penasihat Keamanan Nasional Presiden Joe Biden Jake Sullivan mengatakan, fokus AS dalam beberapa hari mendatang adalah terkait penghindaran.

"“Saya pikir kita akan memiliki beberapa pengumuman dalam satu atau dua minggu ke depan yang mengidentifikasi target yang mencoba memfasilitasi penghindaran itu baik di dalam maupun di luar Rusia,” katanya, tanpa memberikan perincian tentang rencana yang akan datang.

Tetapi Sullivan mengatakan Washington tidak ingin mengembalikan kapal pesiar dan aset lain yang disita dari orang-orang yang mereka lihat sebagai oligarki yang memiliki hubungan dengan Putin.

Baca Juga: Putin Melunak, Nehammer Menyebut Pasokan Gas Austria Dapat Terus Dibayar Dalam Euro

"Presiden secara aktif melihat bagaimana kita dapat menghadapi fakta bahwa ketika kita menyita aset-aset ini, tujuan kita bukanlah untuk mengembalikannya," katanya.

"Tujuan kami adalah untuk memanfaatkannya dengan lebih baik daripada itu. Tapi saya akan berhati-hati dalam apa yang saya katakan hari ini karena ada semacam proses kebijakan yang sedang berlangsung seputar bagaimana kita akhirnya menangani pertanyaan itu. Tapi yakinlah bahwa Tujuannya bukan hanya untuk duduk di atasnya sebentar dan kemudian mengoper mereka semua kembali."

Dia juga mengatakan bahwa setiap upaya Rusia untuk mengganggu transfer senjata yang menguntungkan Ukraina dapat meningkatkan kebuntuan dengan Barat.

"Amerika Serikat tidak beroperasi di dalam wilayah Ukraina, jadi jika Rusia, jelas, menyerang wilayah NATO, di mana material sedang dirakit, itu akan menggunakan Pasal 5 dan akan menjadi pengubah permainan yang lengkap."

Pasal 5 piagam NATO mengatakan serangan terhadap salah satu anggota aliansi militer adalah serangan terhadap semua anggotanya. Itu telah dipanggil hanya sekali, setelah serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat.

Sullivan mengatakan serangan terhadap kapal penjelajah rudal Rusia yang diklaim oleh Ukraina pada hari Kamis telah memberikan pukulan bagi Rusia.

"Kami telah berhubungan dengan Ukraina semalam, yang mengatakan bahwa mereka menyerang kapal dengan rudal anti-kapal," katanya.

Baca Juga: Sebut Negara-negara Berkembang di Jalan Berbahaya, S&P Pangkas Perkiraan Pertumbuhan

“Kami tidak memiliki kapasitas pada saat ini untuk memverifikasi secara independen bahwa tetapi tentu saja, cara ini terungkap, ini merupakan pukulan besar bagi Rusia.”

Kementerian pertahanan Rusia, mengatakan kebakaran terjadi di kapal penjelajah rudal Moskva, kapal utama armada Laut Hitam, setelah amunisi meledak di kapal, dan tidak menyebutkan serangan. Reuters tidak dapat memverifikasi pernyataan kedua belah pihak.

Kapal itu tenggelam setelah komentar pejabat AS itu.

Sullivan menolak untuk membahas apakah ada pejabat senior AS yang akan segera mengunjungi Kyiv, seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh para pemimpin negara lain termasuk Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. 

Dia memperingatkan bahwa pertempuran di Ukraina bisa berlangsung selama berbulan-bulan atau lebih lama.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×