kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Amerika Serikat sebut proyek satelit Iran bisa dipakai untuk proyek rudal nuklir


Minggu, 09 Februari 2020 / 14:35 WIB
Amerika Serikat sebut proyek satelit Iran bisa dipakai untuk proyek rudal nuklir
ILUSTRASI. Misil milik Iran. Amerika Serikat sebut proyek satelit Iran bisa dipakai untuk proyek rudal nuklir. President.ir/Handout via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS PICTURE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. NO RESALES. NO ARCHIVE.

Sumber: Reuters | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Iran akan meluncurkan satelit pada hari Minggu ini. Namun Amerika Serikat mengatakan proyek ini adalah kamuflase untuk pengembangan rudal balistik yang dilakukan Iran.

"Satelit Zafar akan ditempatkan di orbit hari ini dengan ketinggian 7.400 kilometer," kata Menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi Iran Mohammad Javad Azari-Jahromi, menurut kantor berita resmi IRIB.

Baca Juga: Air China pangkas penerbangan dengan rute China-Amerika Serikat karena virus corona

Iran melakukan setidaknya dua peluncuran satelit yang gagal tahun lalu.

Amerika Serikat mengatakan prihatin bahwa teknologi balistik jarak jauh yang digunakan untuk menempatkan satelit ke orbit juga dapat digunakan untuk meluncurkan hulu ledak nuklir. 

Meski Teheran menyangkal bahwa aktivitas satelit adalah kedok untuk pengembangan rudal dan mengatakan tidak pernah mengejar pengembangan senjata nuklir.

Pemerintahan Presiden Donald Trump menerapkan kembali sanksi terhadap Iran setelah Washington menarik diri dari perjanjian internasional tahun 2018 yang dirancang untuk mengekang program nuklir Iran.

Baca Juga: Warga AS jadi korban tewas akibat virus corona di Wuhan, China

Trump mengatakan kesepakatan nuklir tidak cukup jauh dan tidak termasuk pembatasan pada program rudal Teheran.


Tag


TERBARU

Close [X]
×