kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ancam China, UE: Batalkan UU keamanan Hong Kong atau bersiap terima konsekuensi buruk


Selasa, 23 Juni 2020 / 12:03 WIB
Ancam China, UE: Batalkan UU keamanan Hong Kong atau bersiap terima konsekuensi buruk
ILUSTRASI. An EU flag flutters outside the Houses of Parliament, as uncertainty over Brexit continues, in London, Britain May 15, 2019. REUTERS/Hannah Mckay


Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Para pemimpin Uni Eropa memperingatkan Presiden China Xi Jinping tentang konsekuensi yang sangat buruk atas rencana Beijing untuk memperkenalkan undang-undang keamanan nasional di Hong Kong.

Di saat yang sama, Uni Eropa juga menekan adanya kemajuan akses pasar dan upaya mengatasi perubahan iklim sebagai tanda pendekatan yang makin keras dari Eropa kepada China.

Baca Juga: Saling membutuhkan, akankah India dan China terjerumus ke dalam medan perang?

Pemimpin Komisi Eropa Ursula von der Leyen meminta para pemimpin China untuk meningkatkan perhatian politik dalam pembicaraan investasi yang sedang berlangsung untuk mencapai kesepakatan pada akhir tahun.

Sementara Xi menangkis kategorisasi Uni Eropa tentang China sebagai saingan dan berjanji untuk bekerja sama dengan blok tersebut dalam kerja sama dan menjunjung tinggi multilateralisme.

Panggilan telepon Xi dengan von der Leyen dan presiden Dewan Eropa Charles Michel mengikuti pertemuan puncak keduanya dengan Perdana Menteri Li Keqiang pada hari sebelumnya.

Di isu mana Covid-19, masalah ekonomi, hubungan UE-China, situasi Hong Kong dan masalah internasional lainnya menjadi agenda dalam pembicaraan tersebut.

Baca Juga: Jepang dan China saling klaim Kepulauan Senkaku, Laut China Timur memanas

Media pemerintah China tidak membuat referensi tentang apa yang dikatakan Xi dan Li soal Hong Kong. Namun yang pasti undang-undang keamanan nasional untuk kota ini diharapkan akan disahkan pada 30 Juni.

"Undang-undang keamanan nasional berisiko serius merusak prinsip satu negara, dua sistem," kata von der Leyen dalam konferensi pers setelah pertemuan puncak seperti dikutip South China Morning Post




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×