kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ancam militer Venezuela, Trump: Tinggalkan Maduro atau kalian kehilangan segalanya!


Rabu, 20 Februari 2019 / 13:08 WIB
Ancam militer Venezuela, Trump: Tinggalkan Maduro atau kalian kehilangan segalanya!


Sumber: CNN | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - MIAMI. Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali berupaya untuk menyingkirkan Presiden Venezuela Nicolas Maduro dari kursinya. Kali ini, Trump menebar ancaman pada militer Venezuela untuk berpaling dari anak didik Hugo Chavez tersebut.

Dilansir dari CNN, Trump menyatakan ancaman tersebut saat berpidato di hadapan warga AS keturunan Venezuela dan Kuba di Miami. Trump memperingatkan militer Venezuela untuk berhenti mendukung Maduro mempertahankan kekuasaannya serta mendesak mereka untuk membiarkan masuknya bantuan kemanusiaan ke negara tersebut.

"Jika kalian (militer Venezuela) memilih jalan ini, kalian tidak akan menemukan tempat perlindungan yang aman, jalan keluar yang mudah. Kalian akan kehilangan segalanya,” tegas Trump.

 "Maduro lebih suka melihat rakyatnya kelaparan daripada memberi mereka bantuan,” lanjutnya.

Pesawat-pesawat Amerika sudah datang membawa pangan dan obat-obatan ke perbatasan Kolombia dengan Venezuela. Namun sejak beberapa waktu lalu, Maduro dengan tegas telah menolak masuknya bantuan ke negara tersebut.

Selain itu, Trump juga memanfaatkan pidatonya untuk memperingatkan rakyat AS tentang bahaya sosialisme. 

Trump sendiri menjadi pihak pertama yang mendukung tokoh oposisi Venezuela Juan Guaido untuk menggulingkan Maduso.Sejak Januari lalu, Guaido mengklaim dirinya sebagai pemimpin sementara negara itu.

Sebelumnya Juan Guaido mengatakan pihaknya telah bersumpah untuk membela konstitusi. dan memastikan bantuan kemanusian masuk ke negara tersebut.

Juan Guaido mengorganisasikan para relawan untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan dari Amerika, yang menumpuk di Kolombia, Brazil, dan Karibia.

Pada Sabtu mendatang, ia juga berencana untuk membongkar blokade dan mengirimkan bantuan ke ribuan warga Venezuela. Sebuah langkah yang kemungkinan akan menimbulkan konfrontasi jika militer terus mendukung Maduro. 




TERBARU

[X]
×