kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ancaman memburuk, Taiwan: China dapat melumpuhkan sistem pertahanannya


Kamis, 02 September 2021 / 07:37 WIB
Ancaman memburuk, Taiwan: China dapat melumpuhkan sistem pertahanannya
ILUSTRASI. Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa Angkatan Bersenjata China dapat "melumpuhkan" pertahanan Taiwan. REUTERS/Ann Wang


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Dalam pernyataan resminya, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa Angkatan Bersenjata China dapat "melumpuhkan" pertahanan Taiwan dan mampu sepenuhnya memantau penyebarannya. Kementerian juga memberikan penilaian tajam tentang meningkatnya ancaman yang ditimbulkan oleh tetangga raksasanya itu.

Melansir Reuters, Beijing meningkatkan kegiatan militer di sekitar Taiwan, yang dianggapnya sebagai wilayah China. Beijing selalu menggunakan kekuatan dan berupaya untuk membawa Taiwan yang demokratis di bawah kendalinya.

Dalam laporan tahunannya kepada parlemen tentang militer China, yang salinannya ditinjau oleh Reuters, Kementerian Pertahanan Taiwan menyajikan pandangan yang jauh lebih buruk daripada tahun lalu. Laporan itu mengatakan China masih tidak memiliki kemampuan untuk meluncurkan serangan penuh ke Taiwan.

Laporan tahun ini mengatakan bahwa China dapat meluncurkan apa yang disebutnya "serangan elektronik lunak dan keras", termasuk memblokir komunikasi di seluruh bagian barat rantai pulau pertama, rangkaian pulau yang membentang dari kepulauan Jepang, melalui Taiwan dan turun ke Filipina. 

Baca Juga: Jadi kekuatan strategis, Angkatan Udara China bakal unjuk gigi di Airshow China 2021

"China dapat bergabung dengan tentara siber-nya untuk meluncurkan serangan kabel dan nirkabel terhadap internet global, yang pada awalnya akan melumpuhkan pertahanan udara kami, komando laut dan kemampuan sistem serangan balik, serta menghadirkan ancaman besar bagi kami," jelas Kementerian Pertahanan Taiwan.

China juga telah meningkatkan kemampuan pengintaiannya menggunakan Beidou, jawaban China untuk sistem navigasi GPS milik AS.

Ini berarti Beijing dapat memantau pergerakan di sekitar Taiwan, dibantu oleh penggunaan reguler pesawat mata-mata, drone, dan kapal pengumpul intelijen China.

Baca Juga: Kapal perang AS melintasi Selat Taiwan, China protes keras!




TERBARU

[X]
×