kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapal perang AS melintasi Selat Taiwan, China protes keras!


Senin, 30 Agustus 2021 / 06:15 WIB
Kapal perang AS melintasi Selat Taiwan, China protes keras!


Sumber: Associate Press | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Kementerian pertahanan China pada Sabtu (28/8/2021) melayangkan protes atas perjalanan kapal perang Angkatan Laut AS dan kapal penjaga Pantai melalui perairan antara China dan Taiwan.

Melansir AP, dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs kementerian pertahanan, China menyebut langkah itu sebagai aksi provokatif dan mengatakan hal tersebut menunjukkan bahwa Amerika Serikat adalah ancaman terbesar bagi perdamaian dan stabilitas dan pencipta risiko keamanan di Selat Taiwan.

"Kami menyatakan penentangan tegas dan kecaman keras," kata pernyataan itu.

Sementara, menurut Angkatan Laut AS, kapal perusak berpeluru kendali USS Kidd dan kapal pemotong Coast Guard Munro berlayar melalui selat Taiwan pada hari Jumat di perairan internasional. Latihan semacam itu dipandang sebagai peringatan bagi China, yang baru-baru ini melakukan latihan di dekat Taiwan.

Baca Juga: Cari cara hadapi China, partai berkuasa Jepang dan Taiwan bertemu

“Transit kapal yang sah melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata sebuah pernyataan dari Armada ke-7 Angkatan Laut AS yang berbasis di Jepang.

Taiwan, yang merupakan rumah bagi 23,6 juta orang, berpisah dari China selama perang saudara yang menyebabkan Partai Komunis menguasai daratan pada tahun 1949. AS tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan tetapi memiliki kantor perwakilan di ibu kota, Taipei, dan merupakan pemasok terbesar peralatan militer untuk pertahanannya.

Penjaga Pantai AS telah meningkatkan kehadirannya di Asia, ketika penjaga pantai China berpatroli di dekat pulau-pulau yang disengketakan yang diklaim oleh China dan pemerintah lainnya di Laut China Selatan dan Timur.

Baca Juga: Taiwan diprediksi akan boyong jet tempur F-16 senilai US$1,4 miliar

Munro sepanjang 418 kaki (127 meter), yang berbasis di Alameda, California, tiba di wilayah itu pada pertengahan Agustus untuk apa yang dikatakan Penjaga Pantai AS akan menjadi pengerahan selama berbulan-bulan. Kapal ini menggelar latihan dengan kapal penjaga pantai Jepang, Aso, di Laut China Timur selama dua hari awal pekan lalu.

Penjaga pantai AS dan Taiwan mengadakan pembicaraan bulan ini setelah keduanya menandatangani perjanjian kerja sama pada bulan Maret. China telah mengecam perjanjian tersebut.

Baca Juga: 5 Syarat agar insentif Kartu Prakerja yang diajukan bisa cair

Pernyataan kementerian pertahanan China pada hari Sabtu mengatakan bahwa “Taiwan adalah bagian yang tidak dapat dicabut dari China,” dan bahwa China tidak akan mentolerir campur tangan apa pun dalam apa yang disebutnya sebagai urusan dalam negerinya.

Selanjutnya: Termasuk untuk beli jet tempur, anggaran militer Taiwan tahun depan US$ 16,89 miliar




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×