Anggota Parlemen Hong Kong yang Bertemu Xi Jinping Dinyatakan Positif COVID

Senin, 04 Juli 2022 | 10:10 WIB Sumber: Reuters
Anggota Parlemen Hong Kong yang Bertemu Xi Jinping Dinyatakan Positif COVID

ILUSTRASI. Seorang anggota parlemen Hong Kong yang bertemu Presiden Xi Jinping selama kunjungan langka oleh pemimpin China ke wilayah itu pada pekan lalu mengatakan dia dinyatakan positif COVID-19 dua hari setelah pertemuan tersebut. REUTERS/Carlos Garcia Rawlins


KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Seorang anggota parlemen Hong Kong yang bertemu Presiden Xi Jinping selama kunjungan langka oleh pemimpin China ke wilayah itu pada pekan lalu mengatakan dia dinyatakan positif COVID-19 dua hari setelah pertemuan tersebut.

Melansir Reuters, menurut pengumuman di halaman Facebook-nya pada hari Minggu, Steven Ho yang merupakan bagian dari partai pro-Beijing terbesar di kota itu, Aliansi Demokratik untuk Perbaikan dan Kemajuan Hong Kong (DAB), dinyatakan positif mengidap virus corona pada 2 Juli dan telah mengisolasi diri.

Ho mengatakan dia dites negatif untuk virus pada 30 Juni, hari dia berfoto bersama Xi Jinping, yang ditampilkan oleh penyiar lokal RTHK.

Pada saat itu, Xi Jinping berada di Hong Kong untuk menandai perayaan serah terima ke-25 wilayah itu ke daratan dari Inggris dan melantik pemimpin baru kota itu John Lee. Itu adalah perjalanan publik pertamanya ke luar daratan China sejak pandemi virus corona dimulai.

Menjelang kunjungan Xi Jinping ke Hong Kong, para pejabat meningkatkan pengujian virus corona dan protokol karantina bersama dengan pasukan keamanan besar-besaran, memblokir jalan dan wilayah udara di sekitar Pelabuhan Victoria yang indah.

Baca Juga: Xi Jinping: Setelah Angin dan Hujan, Hong Kong Bangkit dari Abu

China menganut kebijakan "nol COVID" yang bertujuan untuk memberantas semua wabah, dengan biaya berapa pun, yang bertentangan dengan tren global yang mencoba hidup berdampingan dengan virus.

Kunjungan Xi Jinping ke Hong Kong adalah yang pertama sejak 2017, ketika dia mengambil sumpah pemimpin Carrie Lam dan tinggal di kota itu selama perjalanannya.

Selama kunjungan minggu lalu, Xi Jinping datang ke Hong Kong pada hari Kamis dan Jumat tetapi menginap di kota tetangganya Shenzhen. Keberadaannya kali ini, dan alasan mengapa dia memilih Shenzhen, belum dikonfirmasi secara resmi.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru