kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45968,22   0,56   0.06%
  • EMAS928.000 0,54%
  • RD.SAHAM -0.35%
  • RD.CAMPURAN -0.38%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%

Ankara: 4 Jet Yunani mengganggu kapal penelitian Turki di Laut Aegea


Rabu, 24 Februari 2021 / 06:17 WIB
Ankara: 4 Jet Yunani mengganggu kapal penelitian Turki di Laut Aegea
ILUSTRASI. Turki mengatakan pada Selasa (23/2/2021) bahwa empat jet Yunani melecehkan kapal penelitian Turki di Laut Aegean. REUTERS/Andrew Kelly

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - ANKARA/ATHENS. Turki mengatakan pada Selasa (23/2/2021) bahwa empat jet Yunani melecehkan kapal penelitian Turki di Laut Aegean. Akan tetapi, Athena membantah tuduhan itu. Tudingan ini muncul ketika kedua anggota NATO berusaha untuk melanjutkan pembicaraan mengenai sengketa maritim.

Melansir Reuters, kapal penelitian Cesme milik Turki memulai pekerjaan survei minggu lalu di perairan internasional antara kedua negara, yang memicu protes Yunani.

Kementerian pertahanan Turki mengatakan empat F-16 Yunani mendekati Cesme pada hari Senin dan satu menjatuhkan suar sekam dua mil laut dari kapal.

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar mengatakan negaranya menanggapi dengan pembalasan yang diperlukan, yang sejalan dengan aturan.

Baca Juga: Yunani dan Turki memanas lagi, kapal Turki survei di perairan yang disengketakan

"Saat kami melakukan pekerjaan ilmiah, terjadi pelecehan tidak pantas, tidak sesuai dengan hubungan bertetangga yang baik," katanya kepada wartawan di parlemen seperti yang dilansir Reuters.

Seorang pejabat kementerian pertahanan Yunani membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan jet Yunani tidak pernah mengganggu kapal Turki.

Setelah lima tahun absen, para pejabat Turki dan Yunani bertemu pada 25 Januari lalu untuk membahas perselisihan selama puluhan tahun tentang penetapan zona maritim dan hak atas sumber daya energi di Mediterania timur. Sekutu setuju untuk bertemu lagi di Athena.

Baca Juga: Di tengah ketegangan dengan Turki, Yunani borong 18 jet tempur Rafale dari Prancis

Athena mengatakan telah mengirim undangan ke Ankara yang menyarankan pembicaraan dilanjutkan pada awal Maret, menjelang KTT Uni Eropa. Ankara mengatakan ingin melanjutkan pembicaraan dan meningkatkan hubungan dengan UE, yang mendukung Yunani dalam perselisihan itu.

 

Selanjutnya: Turki luncurkan kapal TCG Istanbul, kapal fregat pertama dari I-Class

 




TERBARU
Kontan Academy
Basic Social Media Marketing Strategy (Facebook & Instagram) Batch 9 Capital Investment Model & Presentation

[X]
×