kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anwar Ibrahim Mencoba Mengunci Keunggulan dalam Pemillihan Umum Malaysia


Jumat, 18 November 2022 / 06:45 WIB
Anwar Ibrahim Mencoba Mengunci Keunggulan dalam Pemillihan Umum Malaysia


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Anwar Ibrahim telah meningkatkan kampanye minggu ini untuk menjadi pemimpin Malaysia, didukung oleh jajak pendapat yang menempatkan pemimpin oposisi veteran itu unggul dalam kontes yang diperebutkan dengan ketat.

Mengutip Reuters, Jumat (18/11), pemilihan umum hari Sabtu tampaknya menjadi yang paling ketat di Malaysia sejak kemerdekaan pada tahun 1957, dengan jajak pendapat yang memperkirakan tidak ada partai atau koalisi yang akan mendapatkan kursi yang cukup untuk membentuk pemerintahan.

Tapi menurut jajak pendapat, Anwar, yang dalam 25 tahun telah beralih dari pewaris pemimpin terlama Malaysia menjadi tokoh oposisi terkemuka negara itu, memiliki kesempatan terbaik untuk akhirnya mengambil kendali kekuasaan.

Baca Juga: Once Again, Malaysia's Anwar Bids to Become Prime Minister

Aliansi Barisan Nasional Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob telah disukai selama setahun terakhir, meningkat dengan kemenangan dalam dua jajak pendapat lokal dengan lawan-lawannya terbagi.

Namun sekarang, koalisi Pakatan Harapan Anwar diperkirakan akan mengamankan bagian kursi terbesar dengan 35%, menurut sebuah survei oleh firma riset Inggris YouGov pada hari Rabu. 

Survei menunjukkan, Aliansi Perikatan yang dipimpin oleh perdana menteri sebelumnya, Muhyiddin Yassin, sedang menuju 20% suara, dengan Barisan di 17%.

Anwar, seorang mantan menteri keuangan, telah muncul di rapat umum besar yang bersumpah untuk menciptakan stabilitas politik, menyembuhkan perpecahan antara suku Melayu yang mayoritas Muslim dan kelompok etnis lain serta memulihkan ekonomi dengan mendatangkan pekerjaan dan investasi. 

"Pemilihan ini bukan tentang mengganti perdana menteri," kata Anwar dalam pidatonya, Kamis. 
"Pemilu ini adalah kesempatan terbaik untuk menyelamatkan negara dan melakukan perubahan besar untuk memulihkan bangsa kita tercinta."

Anwar mengepalai koalisi multietnis, sedangkan Perikatan Barisan dan Muhyiddin dipimpin oleh partai-partai yang mengutamakan kepentingan Melayu. 
Ras dan agama adalah isu yang memecah belah di Malaysia yang multi-rasial, di mana etnis China dan India mencapai sekitar 30% pemilih.

Aliansi Anwar bisa kalah jika blok lain bekerja sama melawannya, kata para analis, dengan koalisi politik yang lebih kecil yang berbasis di negara bagian Sabah dan Sarawak di pulau Kalimantan berpotensi menjadi raja.

Dalam hal parlemen yang digantung, Pakatan Anwar dapat memiliki keuntungan dalam menarik sekutu, karena perpecahan dan pertikaian membuat dua koalisi besar lainnya "secara inheren tidak stabil", kata Bridget Welsh dari University of Nottingham Malaysia.

"Untuk Pakatan, apa yang kami lihat adalah bahwa mereka bersatu, mereka lebih kohesif secara ideologis," kata Welsh kepada Reuters.

Namun dia mengatakan banyak kursi yang masih terlalu dekat, karena 15% hingga 30% pemilih belum memutuskan, menurut Welsh dan survei oleh lembaga survei independen Merdeka Center.

Baca Juga: PM Malaysia akan tandatangani pakta kerja sama dengan oposisi untuk menopang dukungan

Anwar lebih dari dua dekade sebagai tokoh oposisi termasuk sembilan tahun penjara karena sodomi dan korupsi, tuduhan yang menurutnya bermotivasi politik.

Dia dibebaskan dari penjara pada 2018 setelah bergandengan tangan dengan mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad, baik mentornya maupun saingan lamanya, untuk mengalahkan Barisan untuk pertama kalinya dalam sejarah Malaysia di tengah kemarahan publik terhadap pemerintah atas skandal 1MDB bernilai miliaran dolar.

Mahathir menjadi perdana menteri untuk kedua kalinya pada tahun 2018, berjanji untuk menyerahkan kekuasaan kepada Anwar dalam waktu dua tahun, tetapi koalisi tersebut runtuh dalam 22 bulan karena pertikaian atas transisi tersebut.

Muhyiddin sempat menjadi perdana menteri, tetapi pemerintahannya runtuh tahun lalu, membuka jalan bagi Barisan untuk kembali berkuasa dengan Ismail Sabri di pucuk pimpinan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×