kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apple dan perusahaan AS tekan Trump batalkan rencana tarif China


Jumat, 21 Juni 2019 / 16:47 WIB
Apple dan perusahaan AS tekan Trump batalkan rencana tarif China


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Sejumlah perusahaan besar asal Amerika Serikat (AS) mengajukan surat kepada administrasi Trump. Surat ini meminta agar pembatalan kenaikan tarif AS atas lebih banyak barang-barang China. 

Mengutip Reuters, Jumat (21/6), perusahaan tersebut ialah Apple Inc, Keurig Dr Pepper Inc, Dollar Tree Inc dan Fitbit Inc. Lantaran pada daftar tarif baru produk termasuk iPhone, MacBook, dan produk layan pembuat kopi akan terkena tarif.

Amerika Serikat dan China melanjutkan pembicaraan tentang perang dagang setelah lebih dari satu bulan absen. Para pemimpin negara diharapkan untuk bertemu di KTT G20 di Jepang minggu depan.

Presiden AS Donald Trump mengatakan dia akan mempertimbangkan untuk memperpanjang tarif ke barang lain asal China senilai US$ 300 miliar jika dia bertemu dengan Presiden China Xi Jinping tidak menghasilkan kemajuan dalam sengketa perdagangan.

Putaran tarif baru akan mengurangi daya saing Apple dan memangkas kontribusi yang dapat diberikannya kepada Departemen Keuangan AS, Apple mengatakan dalam pengajuan online pada hari Kamis.

Apple adalah pembayar pajak perusahaan AS terbesar di AS. Bahkan Apple menyebut secara langsung menyumbang lebih dari US$ 350 miliar bagi ekonomi AS selama lima tahun.

Apple mengatakan akan menerima pukulan besar karena perusahaan China dan non-AS lainnya tidak memiliki kehadiran pasar yang signifikan di AS.

"Oleh karena itu, tarif A.S. akan menjadi lapangan yang menguntungkan pesaing global kami," kata Apple.

Pungutan tarif inj akan menimpa AirPods, Apple TV dan baterai dan suku cadang. Beberapa produk ini terhindar dari putaran tarif September yang diberlakukan sebelumnya atas barang-barang Cina senilai US$ 200 miliar. Tapi hal dimasukkan dalam daftar ketika Trump memutuskan untuk membayar hampir semua sisa impor dari China.

Perusahaan kopi dan minuman Keurig Dr Pepper dan raksasa teknologi Apple adalah yang terbaru dalam daftar perusahaan AS Trump Press yang meningkat hingga 25% pada impor Cina senilai US$ 300 miliar.

Pembuat pendingin udara Carrier Inc, sebuah unit dari United Technologies Corp, mengatakan putaran tarif terbaru untuk suku cadang AC akan menghasilkan kenaikan harga yang signifikan bagi konsumen AS dari peralatan HVAC yang diproduksi-U.

Hal ini membuat mereka lebih kecil kemungkinannya untuk mengganti sistem yang lebih tua dan tidak efisien.

Perusahaan mengatakan akan membutuhkan waktu 12 bulan hingga 18 bulan untuk menemukan suku cadang alternatif, dan biaya yang lebih tinggi untuk memaksanya keluar dari segmen pasar AC yang harganya lebih murah.

Perusahaan seperti Dell Technologies Inc, HP Inc, dan Walmart Inc telah menyuarakan oposisi mereka.

Pembuat perangkat Wearable Fitbit Inc dalam suratnya mengatakan tarif akan menjadi keunggulan kompetitif bagi pembuat perangkat China di pasar AS. Hal ini memicu kekhawatiran keamanan nasional dengan menempatkan kesehatan, lokasi, dan data keuangan AS yang sensitif dalam jangkauan pemerintah China.

"Rival China bersedia mengorbankan keuntungan untuk mendapatkan pangsa pasar dengan cara yang tidak bisa dilakukan perusahaan AS seperti Fitbit," katanya.

Sekitar 88% dari semua penjual kopi di Amerika Serikat diimpor dari China, kata penasihat Keurig dalam komentar publiknya. Perusahaan ini memiliki lebih dari 28 juta rumah dan digunakan di lebih dari 1 juta kamar hotel, menurut surat kepada Kantor Perwakilan Dagang AS.

"Ini adalah kasus untuk pabrik dan terpengaruh dan minum kopi AS. Mereka yang tidak punya pilihan selain membayar harga lebih tinggi untuk pembuat bir, atau minuman pagi setiap hari mereka," kata perusahaan.

Banyak perusahaan As bergantung pada China untuk mendapatkan beragam produk. Pemasok alternatif akan menaikkan biaya, dalam banyak kasus, lebih dari tarif 25%, beberapa saksi minggu ini mengatakan kepada panel pejabat dari USTR, Departemen Perdagangan, Departemen Luar Negeri, dan lembaga federal lainnya.

Daftar yang diusulkan, yang siap diputuskan Trump pada 2 Juli, mencakup hampir semua produk konsumen telah ditentang keras oleh pengecer seperti Dollar Tree, yang merupakan salah satu dari 50 pengusaha AS top dan importir terbesar ketujuh, kata perusahaan itu dalam komentar publiknya.

"Sederhananya, pengenaan bea tambahan 25% pada jenis sehari-hari, akan menawarkan produk rumah tangga yang memiliki dampak negatif yang signifikan dan tidak proporsional pada rumah tangga Amerika berpenghasilan menengah dan rendah," kata Dollar Tree.

Tarif itu juga bisa menekan penjualan Natal, terutama ponsel, komputer, mainan, dan gadget elektronik.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×