kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apple dikabarkan gandeng Hyundai untuk produksi Apple Car


Jumat, 08 Januari 2021 / 15:21 WIB
Apple dikabarkan gandeng Hyundai untuk produksi Apple Car
ILUSTRASI. Logo Apple. REUTERS/Ann Wang


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Hyundai Motor mengkonfirmasi pihaknya telah melakukan pembicaraan dengan Apple untuk potensi produksi Apple Car. Produk kolaborasi antara dua perusahaan raksasa dunia. 

Kabar tentang segera diproduksinya Apple Car memang sudah terdengar dalam beberapa pekan terakhir. Apple di lain pihak juga sudah dikabarkan tengah melakukan pembicaraan dengan produsen mobil untuk memproduksi mobil listrik pertamanya. 

Melansir Bloomberg, Jumat (8/1) berkat kabar ini saham Hyundai pun mengalami lonjakan. "Apple dan Hyundai sedang dalam diskusi. Tetapi, karena masih pada tahap awal, belum ada yang diputuskan," ujar produsen mobil asal Korea Selatan dalam keterangan resminya. 

Baca Juga: China: Duta Besar AS untuk PBB ke Taiwan, Amerika akan membayar mahal

Menurut sumber Bloomberg, dengan pekerjaan dan pengembangan yang masih pada tahap awal, Apple akan membutuhkan waktu setidaknya setengah dekade untuk meluncurkan kendaraan listrik otonom pertamanya. 

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) ini diklaim tidak akan memproduksi produknya sendiri. Hingga saat ini, raksasa teknologi ini pun masih mencari calon mitra di industri otomotif. 

Berkat kabar ditunjuknya Hyundai sebagai calon kuat mitra Apple, saham perusahaan ini pun naik 24% di bursa Seoul. Keuntungan intraday saham ini merupakan yang terbesar sejak 1988 dan naik 19% pada pukul 11:30 waktu setempat. 

Hanya saja, mengenai proses pembicaraan internal ini, Apple dan Hyundai menolak berkomentar. Menurut Hyundai, rencana tersebut masih menunggu persetujuan dari pimpinan manajemen perusahaan. 

Baca Juga: Morgan Stanley Capital International depak tiga perusahaan telko China dari indeks

Adapun, bila proyek ini terwujud itu artinya Apple akan menyaingi pasar kendaraan listrik yang saat ini sudah diisi oleh pemain besar. Semisal Tesla Inc dan beberapa perusahaan lain seperti Lucid Motors dan mobil produksi Daimler AG dan Volkswagen AG. 




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×