Reporter: Edy Can, Reuters | Editor: Edy Can
NEW YORK. Apple masih bertahan sebagai merek paling berharga di dunia. Sebuah studi yang dilakukan Millward Brown mengungkapkan, Apple mengungguli 10 perusahaan teknologi lainnya di dunia.
Berdasarkan studi itu, produsen iPhone dan iPad itu telah berhasil menaikkan nilai mereknya sebesar 19% dibandingkan tahun lalu menjadi US$ 183 miliar. Angka ini setara dengan 37% dari kapitalisasi pasar Apple.
Harga merek yang paling cepat perkembangannya adalah Facebook. Studi itu mencatat, nilai merek Facebook melesat 74% menjadi US$ 33,2 miliar.
Kendati demikian, perusahaan yang baru go public ini belum masuk dalam 10 merek berharga di dunia. Facebook hanya menduduki peringkat ke-19.
Sementara McDonald's dan Coca-Cola masih tetap berada dalam 10 besar. McDonald's berada di nomor empat dan Coca-Cola di peringkat enam.
Managing Director Millward Brown Optimor, Nick Cooper, menjelaskan, kekuatan dari merek teknologi adalah perannya dalam kehidupan saat ini. "Mereka seluruhnya merembes dan ada banyak kegemparan dan kabar baru. Cenderung meningkat bukan karena permintaan dan kinerja keuangan tetapi juga karena peran brand itu," katanya, Selasa (22/5).