kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Apple masih kuasai pasar smartphone premium di dunia


Rabu, 17 April 2019 / 19:38 WIB
Apple masih kuasai pasar smartphone premium di dunia

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar ponsel pintar premi kian tumbuh pesat. Ini tercermin dari penjualan ponsel pintar seharga lebih dari US$ 400 ini meningkat 14% pada tahun lalu menurut data Counterpoint Technology Market Research’s.

Segmen telepon pintar global ini terus tumbuh lebih cepat daripada pasar smartphone secara keseluruhan yang turun hingga 3%. Pertumbuhan segmen premium tahun lalu didorong oleh penjualan lima merek telepon pintar teratas.


Dari lima merek tersebut, Apple masih mendominasi pasar premium sebesar 51% dari total pangsa pasar premium. Menyusul Samsung 22%, Huawei 10%, OPPO 6% dan OnePlus 2%.

“Apple seri ultra premi seharga US$ 800 ke atas menjadi segmen dengan pertumbuhan penjualan tercepat di mana gawai ini paling menonjol karena menyumbang hampir 80% dari ponsel yang terjual,” laporan Counterpoint Reserch’s Market pada Selasa (16/4).

Namun sayangnya, penjualan Apple dan Samsung mengalami penurunan dari tahun 2017 yang masing-masing sebesar 7% dan 1%. Sedangkan semua telepon pintar asal China justru mencatatkan kenaikan.

Menurut riset Counterpoint pangsa pasar OPPO meningkat 5% berkat kontribusi penjualan seri P2P dan Mate20. Pabrikan China justru melihat pertumbuhan penjualan produk ini meningkat 97% secara year on year (yoy).

Sementara itu produk OnePlus menjadi pemenang pada segmen ini karena penjualannya meningkat dua kali lipat dari tahun 2017. OnePlus sendiri mencatatkan rekor penjualan karena permintaan yang tinggi di negara India.

Laporan ini mengatakan bahwa pembeli puas untuk mengeluarkan bajet lebih besar untuk membeli perangkat premium ini karena dapat digunakan dalam periode yang lama. Para peneliti berharap segmen premium bisa tumbuh berkat kehadiran perangkat 5G dan fitur layar lipat.




TERBARU

Close [X]
×