kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

AS-China sepakat hidupkan lagi pertemuan reguler semi-tahunan


Minggu, 12 Januari 2020 / 08:30 WIB
AS-China sepakat hidupkan lagi pertemuan reguler semi-tahunan
ILUSTRASI.

Sumber: Reuters | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Amerika Serikat (AS) dan China sepakat untuk memulai kembali perundingan semi-tahunan yang bertujuan menyelesaikan perselisihan ekonomi antara kedua negara. Perundingan semi-tahunan ini sebuah proses yang ditinggalkan pada awal pemerintahan Donald Trump saat konflik perdagangan antara kedua negara meningkat.

Reuters melaporkan, seorang pejabat yang akrab persoalan ini mengatakan dimulainya kembali Dialog Ekonomi Komprehensif AS-China akan diumumkan pada 15 Januari sebagai bagian dari penandatanganan perjanjian perdagangan fase 1 antara AS dan China.

Restart pertemuan semi-tahunan tersebut pertama kali dilaporkan Wall Street Journal.

Baca Juga: Trump berharap kesepakatan dagang dengan China segera ditekan setelah 15 Januari

Pertemuan reguler akan menyediakan forum untuk pembicaraan tingkat tinggi yang stabil antara dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut yang terpisah dari negosiasi yang terkadang berbelit-belit atas hubungan perdagangan mereka.

Sesi pertemuan kemungkinan akan dipimpin oleh Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Wakil Perdana Menteri China Liu He.

Kedua belah pihak telah terlibat dalam perang perdagangan selama lebih dari setahun. AS dan China saling berbalas penggunaan tarif impor sehingga berefek ke rantai pasokan global dan memberikan pukulan terhadap kepercayaan bisnis.

Baca Juga: Trump: Kesepakatan dagang dengan China dapat diteken tak lama setelah 15 Januari

Dialog ekonomi strategis AS-China dua kali setahun dimulai di bawah mantan Presiden George W. Bush sebagai cara bagi mereka untuk mengelola berbagai masalah yang muncul di antara mereka ketika ekonomi Tiongkok dan ekspornya ke AS meluas dengan cepat di awal tahun 2000-an.




TERBARU

Close [X]
×