kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Trump: Kesepakatan dagang dengan China dapat diteken tak lama setelah 15 Januari


Jumat, 10 Januari 2020 / 13:58 WIB
Trump: Kesepakatan dagang dengan China dapat diteken tak lama setelah 15 Januari
Presiden AS Donald Trump menyampaikan pernyataan tentang Iran di Foyer Besar di Gedung Putih di Washington, AS, 8 Januari 2020.

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, yang mengumumkan bulan lalu bahwa kesepakatan perdagangan Fase 1 dengan China akan ditandatangani pada 15 Januari, mengatakan pada hari Kamis bahwa perjanjian tersebut dapat ditandatangani "segera sesudahnya."

Mengutip Reuters, Jumat (10/1), dalam sebuah wawancara dengan afiliasi TV ABC di Toledo, Ohio, Trump mengatakan: "Kami akan menandatangani pada 15 Januari - saya pikir itu akan menjadi 15 Januari, tetapi segera setelah itu, tapi saya pikir 15 Januari - masalah besar dengan China," ujar Trump.

Baca Juga: Trump bersedia menunggu penyelesaian kesepakatan dengan China pasca pemilu 2020

Trump mengumumkan tanggal penandatanganan 15 Januari dalam sebuah tweet pada 31 Desember. Namun, Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan untuk klarifikasi komentar Trump.

Kesepakatan Fase 1, yang dicapai bulan lalu, diperkirakan akan menurunkan tarif dan mendorong pembelian pertanian, energi, dan barang-barang manufaktur China dari Tiongkok sambil mengatasi beberapa perselisihan mengenai kekayaan intelektual.

Baca Juga: AS-China meneken kesepakatan pekan depan, bursa Asia menghijau




TERBARU

Close [X]
×