kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

AS dan China dikabarkan menyetujui gencatan senjata perang dagang sementara


Kamis, 27 Juni 2019 / 13:10 WIB
AS dan China dikabarkan menyetujui gencatan senjata perang dagang sementara
ILUSTRASI.

Sumber: Reuters | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Amerika Serikat dan China telah sepakat untuk gencatan senjata sementara dalam perselisihan perdagangan mereka menjelang pertemuan antara para pemimpin kedua negara pada KTT G20 akhir pekan ini. Hal ini di laporkan oleh South China Morning Post (SCMP) pada hari Kamis mengutip dari berbagai sumber.

Rincian perjanjian itu akan menghentikan putaran tarif AS tambahan senilai US$ 300 miliar (236,5 miliar pound) atas barang-barang Cina. Penyataan itu akan dikeluarkan sebagai siaran pers yang terkoordinasi dan bukan pernyataan bersama. 


Menurut sumber yang dikutip SCMP, pertemuan Presiden Cina Xi Jinping dengan Presiden AS Donald Trump tergantung pada Washington untuk menyetujui perjanjian tentatif itu.

Sebelumnya, Trump mengatakan pada hari Rabu bahwa kesepakatan perdagangan dengan Xi mungkin dilakukan akhir pekan ini. Tetapi ia siap untuk mengenakan tarif pada hampir semua impor Tiongkok yang tersisa jika kedua negara terus tidak menemui persetujuan.

China dan Amerika Serikat telah mengenakan tarif hingga 25% untuk ratusan miliar dolar dari barang satu sama lain dalam perang dagang yang telah berlangsung hampir setahun.

Hubungan antara Washington dan Beijing telah menurun sejak pembicaraan gagal pada Mei, ketika Amerika Serikat menuduh Cina mengingkari janji untuk mereformasi ekonominya.




TERBARU

Close [X]
×