kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS948.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

AS diharapkan bisa memberi bantuan dana ke Israel untuk pembaruan Iron Dome


Rabu, 02 Juni 2021 / 10:21 WIB
AS diharapkan bisa memberi bantuan dana ke Israel untuk pembaruan Iron Dome
ILUSTRASI. Sistem pertahanan udara Iron Dome buatan Israel.

Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - YERUSALEM. Seorang senator Amerika Serikat (AS) pada hari Selasa (1/6) berharap agar pemerintah memberikan lebih banyak bantuan dana ke Israel agar negara mitranya tersebut mampu menyediakan kembali rudal pertahanan Iron Dome pasca pertikaian dengan Hamas bulan lalu.

Senator Lindsey Graham mengatakan bahwa AS setidaknya akan menyediakan US$ 1 miliar untuk membantu pemulihan sistem pertahanan Israel.

"Akan ada permintaan US$ 1 miliar yang datang ke Pentagon pekan ini dari menteri pertahanan (Israel) untuk mengisi kembali Iron Dome dan beberapa hal lainnya, untuk mendukung sistem tersebut," ungkap Graham, seperti dilansir Reuters.

Senator Graham yang merupakan Republikan senior di Komite Alokasi Senat, bertemu langsung dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Benny Gantz selama perjalanan ke Israel. Komite ini bertugas untuk mengawasi pengeluaran termasuk bantuan militer asing.

Graham menjelaskan bahwa Iron Dome telah menyelamatkan ribuan nyawa selama serangan roket Hamas bulan lalu. Ia yakin bahwa permintaan bantuan dari Israel akan mendapat dukungan dari Presiden Joe Biden dan Kongres.

Baca Juga: 14 UFO kerumuni kapal perang AS, bikin heboh kru USS Omaha

Meskipun datang dari partai yang berbeda dengan Biden, namun Graham yakin ada dukungan mendalam untuk Israel dari Partai Demokrat.

"Ada perdebatan mengenai dukungan ke Hamas dan Israel di AS, namun saya memberi tahu bahwa dukungan yang luas untuk Israel di antara Partai Demokrat," lanjut Graham.

Tanggapan keras Israel atas Hamas menuai kritik dari beberapa Demokrat, tetapi Israel umumnya menikmati dukungan kuat di Washington dari kedua belah pihak.

Dukungan sepertinya memang akan datang, mengingat Biden sebelumnya sempat menyatakan bahwa ia berniat untuk mengisi kembali Iron Dome.

Kongres juga secara rutin menyetujui sejumlah besar dana militer untuk negara yang dipandang sebagai mitra AS yang solid di wilayah yang tidak stabil.

Dalam konflik antara Israel dan Hamas bulan lalu, sistem pertahanan Iron Dome membantu Israel menangkis sebagian besar dari lebih dari 4.300 roket yang ditembakkan dari Gaza.

Selanjutnya: Kubu oposisi bangun kekuatan baru, siap akhiri kekuasaan Benjamin Netanyahu di Israel




TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×