AS Diprediksi Akan Umumkan Pembelian Sistem Pertahanan Rudal untuk Ukraina Pekan Ini

Senin, 27 Juni 2022 | 10:26 WIB Sumber: Reuters
AS Diprediksi Akan Umumkan Pembelian Sistem Pertahanan Rudal untuk Ukraina Pekan Ini

ILUSTRASI. Sepasang warga berjalan bersama dengan Gedung Kongres AS . REUTERS/Kevin Lamarque


KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Amerika Serikat kemungkinan akan mengumumkan pembelian sistem pertahanan rudal jarak menengah hingga jarak jauh untuk Ukraina pekan ini, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Mengutip Reuters, Senin (27/6), Washington juga diperkirakan akan mengumumkan bantuan keamanan lainnya untuk Ukraina, termasuk amunisi artileri tambahan dan radar kontra baterai untuk memenuhi kebutuhan yang diungkapkan oleh militer Ukraina, menurut sumber tersebut.

Persenjataan itu adalah bantuan terbaru yang ditawarkan ke Ukraina oleh Amerika Serikat sejak Rusia menginvasi tetangganya di Eropa timur pada Februari.

Baca Juga: Perketat Sanksi, Biden Desak Anggota G7 untuk Melarang Impor Emas dari Rusia

Bulan ini, Presiden Joe Biden setuju untuk memberi Ukraina bantuan militer $ 700 juta, termasuk sistem roket canggih yang dapat menyerang dengan presisi pada sasaran jarak jauh.

Amunisi, radar counter fire, sejumlah radar pengawasan udara, rudal anti-tank Javelin tambahan, serta senjata anti-armor juga merupakan bagian dari paket itu, kata para pejabat.

Upaya lain, untuk menjual empat drone besar yang dapat dipersenjatai ke Ukraina, dihentikan awal bulan ini di tengah kekhawatiran bahwa radar dan peralatan pengawasan mereka dapat menciptakan risiko keamanan bagi Amerika Serikat jika jatuh ke tangan Rusia.

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru