kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS melonggarkan pembatasan produk Huawei untuk sementara waktu


Selasa, 21 Mei 2019 / 21:03 WIB
AS melonggarkan pembatasan produk Huawei untuk sementara waktu


Sumber: CNN | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  SAN FRANCISCO. Untuk membantu perusahaan-perusahaan Amerika Serikat (AS) mengatasi guncangan pelarangan peralatan Huawei, Presiden AS Donald Trump untuk sementara memberi kelonggaran dengan hanya melakukan pembatasan sebagian kecil saja untuk produk Huawei.

Mengutip CNN, pada hari Senin, Departemen Perdagangan AS mengumumkan pelonggaran beberapa pembatasan yang diterapkan Amerika Serikat pada perusahaan China tersebut minggu lalu. Pembatasan produk Huawei justru mempersulit perusahaan AS berbisnis dengan Huawei.

Relaksasi juga harus memastikan bahwa pemilik ponsel cerdas Huawei akan terus memiliki akses ke pembaruan perangkat lunak Android yang kritis.

Dalam sebuah pernyataan Selasa, Google (GOOGL) mengonfirmasi bahwa langkah itu akan memungkinkan perusahaan memberikan pembaruan perangkat lunak dan patch keamanan untuk ponsel cerdas Huawei yang ada selama 90 hari ke depan.

Ponsel Huawei menggunakan sistem operasi Android Google dan di luar China memiliki akses ke aplikasi populer seperti Gmail, Youtube dan Google Maps. Penjualan ponsel Huawei baru bisa sangat terpuruk jika Huawei tidak dapat mengakses perangkat lunak dan layanan Google di masa depan.

Meskipun Huawei tidak melakukan banyak bisnis di Amerika Serikat, perusahaan ini adalah satu-satunya penyedia peralatan jaringan untuk banyak penyedia internet pedesaan Amerika. Perusahaan-perusahaan itu mengatakan akan membutuhkan waktu atau mungkin tidak mungkin, untuk mengganti teknologi Huawei mereka dengan pesaing mereka.

Departemen AS mengeluarkan lisensi umum sementara yang memungkinkan Huawei membeli barang AS untuk mempertahankan jaringan yang ada dan terus menyediakan layanan nirkabel. Perusahaan itu masih dilarang membeli peralatan AS untuk membuat produk baru.

"Penerbitan lisensi umum sementara memberi operator waktu untuk membuat pengaturan lain dan ruang departemen untuk menentukan langkah-langkah jangka panjang yang tepat untuk Amerika Serikat dan penyedia telekomunikasi asing yang saat ini bergantung pada peralatan Huawei untuk layanan kritis," kata Menteri Perdagangan Wilbur Ross dalam sebuah pernyataan.

"Singkatnya, lisensi ini akan memungkinkan operasi ponsel Huawei di AS terus berlanjut untuk pengguna telepon seluler Huawei yang ada dan jaringan broadband pedesaan," tambah Ross.




TERBARU

[X]
×