kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Awas! Korea Utara bakal menyerang sistem pemilihan presiden AS November nanti


Kamis, 18 Juni 2020 / 21:40 WIB
Awas! Korea Utara bakal menyerang sistem pemilihan presiden AS November nanti
ILUSTRASI. Korea Utara kemungkinan akan meretas sistem pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) pada November 2020 mendatang. Korea Utara punya kemampuan melakukan itu.


Sumber: foxnews | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Para ahli mengingatkan, Korea Utara kemungkinan akan meretas sistem pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) pada November 2020 mendatang. Korea Utara punya kemampuan melakukan itu.

"Korea Utara akan dapat menguji sejauh mana dan sejauh mana itu dapat merusak sistem pemilihan AS," kata Sung-Yoon Lee, Profesor Yayasan Kim Koo-Korea dalam Studi Korea di Fakultas Hukum dan Diplomasi Fletcher di Universitas Tufts.

Ia memperkirakan, Korea Utara akan menguji kemampuannya untuk melihat apa yang bisa lolos dengan meretas sistem pemilihan AS.

Baca Juga: AS: Korea Utara terus menghadirkan ancaman luar biasa bagi Asia Pasifik

"Kemampuan dunia maya Korea Utara adalah salah satu yang terbaik di dunia. Akan mengejutkan jika Korea Utara tidak menguji kemampuannya selama pemilihan presiden AS," ujar Yoon Lee seperti dikutip FoxNews.

Kementerian Luar Negeri Korea Utara baru-baru ini mengingatkan pemerintahan Donald Trump, AS lebih baik memegang lidah dan memikir urusan internalnya terlebih dahulu jika tidak ingin mengalami hal yang mengerikan. "Akan baik tidak hanya untuk kepentingan AS tetapi juga untuk memudahkan pemilihan presiden mendatang," ancam Kementerian Luar Negeri Korea Utara.

Yoon mengatakan, Korea Utara meningkatkan tekanan psikologis, tekanan politik pada musuh utamanya, Amerika Serikat.

"Jadi, ancaman terselubung dari Kementerian Luar Negeri Korea Utara tentang campur tangan dalam pemilihan AS mendatang adalah semua bagian dari buku pedoman strategis eskalasi yang akan diselingi oleh provokasi yang lebih serius, seperti ICBM (rudal balistik antarbenua) atau bahkan uji coba nuklir," kata Yoon.

Kelompok bipartisan yang berbasis di Washinton, Issue One, dalam laporan yang berjudul "Don't Mess With US," menyebutkan, campur tangan asing menempatkan pemilihan presiden AS dalam risiko.

Issue One telah membuat situs web, DontMessWithUs.org, untuk mempelajari ancaman asing.

"Korea Utara sebagian besar waktu hanya menggertak. Tapi, dalam kasus ini, mereka dapat menggunakan instrumen kasar dalam perang siber. "Kita harus menganggapinya serius," kata Zach Wamp, seorang Republikan mengingatkan.

Dia melanjutkan, Korea Utara dapat melakukannya. "Ini teknologi mentah. Kami tidak tahu apa yang mereka lakukan. Tetapi mereka benar-benar bisa mengacaukan dalam siklus pemilihan nanti. Jadi, kita harus sangat menyadari ancaman ini," imbuhnya.

Baca Juga: Tebar ancaman lagi ke Korea Selatan, Korea Utara: Kesabaran militer kami sudah habis




TERBARU

[X]
×