kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bakal IPO Unit Logistik, ADNOC Incar Dana US$ 607 Juta


Selasa, 16 Mei 2023 / 12:34 WIB
Bakal IPO Unit Logistik, ADNOC Incar Dana US$ 607 Juta
ILUSTRASI. Segera IPO, ADNOC L&S memberikan harga kisaran di 1,99 dirham hingga 2,01 dirham


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Raksasa minyak milik pemerintah Uni Emirat Arab, Abu Dhabi National Oil Co (ADNOC) mengatakan, telah menetapkan kisaran harga untuk penawaran umum saham perdana untuk unit bisnis di sektor logistik yakni ADNOC Logistics & Services (ADNOC L&S) sebesar 1,99 dirham hingga 2,01 dirham atau setara US$ 0,5420 per saham.

Dari rencana IPO ini, ADNOC L&S valuasi perusahaan akan mencapai US$ 4,05 miliar.

Investor seperti Al Seer Marine Supplies & Equipment, National Marine Dredging Co, Alpha Oryx Limited, dan Dana Pensiun Abu Dhabi telah membuat komitmen untuk bergabungan mengambil IPO ADNOC L&S dengan nilai sekitar US$ 180 juta.

ADNOC akan mengumpulkan antara US$ 601 juta hingga US$ 607 juta dari aksi korporasi tersebut, kata pernyataan yang dikutip dari Reuters.

ADNOC menawarkan sekitar 1,1 miliar saham di unit layanan logistik maritimnya, setara dengan 15% dari modal saham yang diterbitkannya. Periode bookbuilding untuk IPO ini berlangsung dari 16 Mei hingga 24 Mei.

Reuters telah melaporkan pada bulan Maret bahwa ADNOC bersiap untuk mendaftarkan ADNOC L&S pada bulan Juni.

Ini akan menjadi IPO kedua bagi raksasa minyak Abu Dhabi di tahun ini, setelah mengumpulkan US$ 2,5 miliar dari unit bisnis gas-nya pada bulan Maret silam.

Citigroup Global Markets Limited, First Abu Dhabi Bank, HSBC Bank Middle East dan J.P. Morgan telah ditunjuk sebagai joint global coordinators dan joint bookrunners, dan Moelis & Co bertindak sebagai penasihat keuangan independen dalam IPO tersebut.

ADNOC L&S mengirimkan minyak mentah, produk olahan, curah kering, dan gas alam cair dari Abu Dhabi ke pelanggan internasionalnya. Perusahaan itu dibuat pada tahun 2016 setelah merger antara Abu Dhabi National Tanker Co, Petroleum Services Co dan Abu Dhabi Petroleum Ports Operating Co.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×