kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Balik Arah, Elon Musk Siap Beli Twitter Sesuai Harga Awal


Rabu, 05 Oktober 2022 / 08:51 WIB
 Balik Arah, Elon Musk Siap Beli Twitter Sesuai Harga Awal
ILUSTRASI. Elon Musk kembali mengusulkan rencana pembelian Twitter


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Sikap tak menentu Miliarder Elon Musk kembali terlihat. Terbaru, Musk mengusulkan untuk melanjutkan rencana pembelian Twitter Inc dengan harga awal, sebesar US$ 44 miliar.

Usulan yang disampaikan Musk pada Selasa (4/10) malam itu diharapkan dapat diakhirinya gugatan oleh Twitter yang bisa memaksa Musk untuk membayar ganti rugi, apakah dia mau atau tidak.

Sebuah kesepakatan akan menempatkan salah satu orang terkaya di dunia itu, untuk bertanggung jawab atas salah satu platform media paling berpengaruh dan mengakhiri bulan litigasi yang merusak merek dagang Twitter serta memberi reputasi Musk untuk perilaku yang tidak menentu.

Musk, yang merupakan kepala eksekutif pembuat mobil listrik Tesla Inc, akan mengambil alih Twitter, yang awalnya dia janjikan untuk dibeli pada bulan April, tetapi berakhir memburuk.

Namun, pada Selasa (4/10) malam, Musk mentweet bahwa membeli Twitter akan mempercepat ambisinya untuk membuat "aplikasi super" yang disebut X.

Baca Juga: Elon Musk Malas Bangun Pabrik Kendaraan Listrik di Indonesia, Ini Alasannya

Tawaran baru yang kembali dimunculkan Musk ini terjadi jelang pertarungan yang sangat dinanti antara Musk dan Twitter di Pengadilan Kanser Delaware pada 17 Oktober mendatang.

Pada sidang tersebut, Twitter akan mencari cara supaya pengadilan memerintahkan Musk untuk menutup kesepakatan senilai US$ 44 miliar.

Tapi, pada Senin (3/10), Musk mengirim surat kepada Twitter, yang mengatakan bahwa dia bermaksud untuk melanjutkan kesepakatan dengan persyaratan asli jika hakim Delaware tetap melanjutkan prosesnya. Sebuah sumber yang akrab dengan tim Twitter mengatakan kepada Reuters bahwa pada sidang pengadilan pada Selasa pagi, hakim meminta kedua belah pihak untuk melapor kembali pada malam hari.

Tidak segera dijelaskan mengapa Musk memilih untuk meninggalkan pertarungannya di pengadilan, meskipun beberapa menunjuk pada deposisi yang dijadwalkan.

"Dia akan digulingkan dan banyak fakta yang tidak menyenangkan akan terungkap," kata Eric Talley, Profesor di Columbia Law School.

Di sisi lain, Twitter menerima surat Musk dan bermaksud untuk menutup kesepakatan dengan harga asli, kata seorang juru bicara kepada Reuters. Twitter tidak mengatakan apakah mereka menerima tawaran Musk.

Musk, salah satu pengguna Twitter yang paling menonjol, mengatakan pada bulan Juli bahwa dia bisa pergi tanpa penalti karena jumlah akun bot jauh lebih tinggi dari perkiraan Twitter yang kurang dari 5% pengguna. Bot adalah akun otomatis, dan penggunaannya dapat menyebabkan perkiraan yang berlebihan tentang berapa banyak manusia yang ada di layanan, yang penting untuk tarif iklan dan nilai keseluruhan layanan.

Tim hukum Twitter pada 27 September mengatakan bahwa para ilmuwan yang dipekerjakan oleh Musk memperkirakan jumlah akun palsu di platform sebesar 5,3% dan 11%.

Baca Juga: Elon Musk Jadi Beli Twitter, Harga Dogecoin Melompat Tinggi

"Tidak satu pun dari analisis ini sejauh yang kami tahu mendukung apa yang dikatakan Mr. Musk kepada Twitter dan kepada dunia," kata pengacara Twitter Bradley Wilson di pengadilan.

Kesepakatan asli adalah "perjanjian yang sangat ramah penjual yang akan sangat sulit untuk dihilangkan," kata Adam Badawi, profesor hukum di UC Berkeley.

Dia manambahkan, "Musk menyadari kemungkinan besar itu akan memaksanya untuk menutup kesepakatan pada harga US$ 54,20 per saham."

Musk relatif tenang di Twitter pada siang hari, tetapi pada Selasa malam dia men-tweet bahwa "Twitter mungkin mempercepat pembuatan X di 3 tahun hingga 5 tahun".

Itu menggemakan saran yang dia buat kepada staf Twitter pada bulan Juni tentang membuat "aplikasi super" atau pasar untuk berbagai aplikasi dan fitur seperti WeChat, yang populer di China. Musk juga mengatakan dia ingin membuat fitur transfer uang.




TERBARU

[X]
×