kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Sentral Filipina Menaikkan Suku Bunga 0,5%


Kamis, 15 Desember 2022 / 14:25 WIB
Bank Sentral Filipina Menaikkan Suku Bunga 0,5%
ILUSTRASI. Bank sentral Filipina menaikkan suku bunga acuannya setengah persen poin (50 bps) pada Kamis (15/12).


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - MANILA. Bank sentral Filipina menaikkan suku bunga acuannya setengah persen poin (50 bps) pada Kamis (15/12). Bank sentral Filipina memilih kenaikan yang relatif besar untuk mendinginkan inflasi yang berada di level tertinggi dalam 14 tahun terakhir.

Kenaikan suku bunga dipastikan setelah Gubernur Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) Felipe Medalla menandai penyesuaian 25 hingga 50 basis poin bulan ini menjelang data inflasi November.

Inflasi tahunan melonjak menjadi 8% pada bulan November. Tingkat inflasi jauh di atas kisaran target BSP sebesar 2% hingga 4% untuk tahun ini. Laju inflasi tinggi memperkuat kemungkinan peningkatan setengah poin persentase dan menunjukkan pengetatan lebih lanjut tahun depan.

Baca Juga: The Fed Isyaratkan Kenaikan Suku Bunga Berlanjut, Meski Dibayangi Perlambatan Ekonomi

Semua 21 ekonom dalam jajak pendapat Reuters dengan tepat memprediksi hasil pertemuan kebijakan BSP hari ini. Keputusan tersebut menandai ketujuh kalinya tahun ini bank sentral mengerek suku bunga untuk memerangi inflasi.

Kenaikan suku bunga 50-bps di Filipina sejalan dengan langkah terbaru bank sentral Amerika Serikat (AS). BSP mempertahankan selisih suku bunganya dengan Federal Reserve dan menopang nilai tukar peso Filipina yang pelemahannya baru-baru ini telah mendorong kenaikan harga konsumen.

Setelah pengetatan Filipina yang mengambil suku bunga pinjaman overnight menjadi 5,50%, analis memperkirakan BSP akan mengakhiri siklus pengetatannya di 6%. Angka suku bunga akhir ini lebih tinggi dibandingkan dengan ekspektasi 5,75% dalam jajak pendapat Reuters di bulan November.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×