kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Sentral Malaysia Kerek Suku Bunga, Risiko Inflasi Membayangi Outlook Ekonomi


Kamis, 08 September 2022 / 15:43 WIB
Bank Sentral Malaysia Kerek Suku Bunga, Risiko Inflasi Membayangi Outlook Ekonomi
ILUSTRASI. Bank sentral Malaysia kembali menaikkan suku bunga acuan untuk ketiga kalinya secara berturut-turut pada Kamis (8/9).. REUTERS/Thomas White/Illustration/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Bank sentral Malaysia kembali menaikkan suku bunga acuan untuk ketiga kalinya secara berturut-turut pada Kamis (8/9), untuk meredam kenaikan inflasi di tengah pertumbuhan ekonomi yang kuat.

Mengutip Reuters, Kamis (8/9), Bank Negar Malaysia menaikkan suku bunga kebijakan overnight sebesar 25 basis poin menjadi 2,50%. Kenaikan ini seperti yang diperkirakan oleh mayoritas ekonom yang disurvei Reuters.

Para ekonom yang disurvei juga memperkirakan kenaikan keempat pada November. Bank Negara Malaysia telah menaikkan suku bunga pada dua pertemuan sebelumnya dari level terendah bersejarah 1,75%.

Baca Juga: Malaysia Central Bank Hikes Key Rate Again as Inflation Risk Clouds Sunny Outlook

Bank sentral mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa indikator menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, termasuk perbaikan kondisi pasar tenaga kerja dan pemulihan dalam kegiatan investasi dan pariwisata setelah pembukaan kembali perbatasan.

Komite kebijakan moneter BNM "tidak berada pada jalur yang telah ditentukan sebelumnya dan akan terus menilai kondisi yang berkembang dan implikasinya terhadap prospek keseluruhan terhadap inflasi dan pertumbuhan domestik," katanya.

Inflasi naik 4,4% secara tahunan di bulan Juli, meningkat dari Juni, dengan inflasi rata-rata sebesar 2,8% tahun ini.

BNM mengatakan inflasi yang mendasari, yang diukur dengan inflasi inti, diperkirakan rata-rata mendekati ujung atas kisaran 2%-3% pada tahun 2022.

Diperkirakan inflasi utama akan memuncak pada kuartal saat ini sebelum moderasi.

Bank sentral mengatakan bulan lalu setiap penyesuaian suku bunga akan diukur dan bertahap untuk menghindari langkah-langkah yang lebih kuat di masa depan.

Ekonomi Malaysia telah pulih dengan kuat dari kemerosotan yang disebabkan oleh pandemi sejak perbatasannya dibuka kembali pada April, meningkat 8,9% pada kuartal kedua, laju tahunan tercepat dalam setahun.

Baca Juga: Malaysia Cabut Aturan Wajib Pakai Masker di Dalam Ruangan, Kecuali di Tempat Ini

Namun, BNM melihat ekonomi tumbuh pada kecepatan yang lebih moderat di paruh kedua tahun ini, di tengah perkiraan perlambatan pertumbuhan global.

BNM mengatakan meskipun volatilitas meningkat di pasar keuangan dan valuta asing global, perkembangan ini diperkirakan tidak akan menggagalkan pertumbuhan Malaysia.

Ringgit Malaysia telah jatuh ke level terendah 24 tahun pada hari Rabu, meskipun telah bangkit kembali sedikit pada hari Kamis menjelang pengumuman BNM.

Capital Economics mengatakan dalam sebuah catatan ekonomi Malaysia "ditempatkan dengan baik untuk menyerap kenaikan suku bunga lebih lanjut", meskipun baru-baru ini terjadi penurunan harga komoditas dan permintaan global yang lebih lemah.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×